KATEGORI LOMBA

  • Tingkat Pelajar SMA / SMK Sederajat Seluruh Indonesia

DESKRIPSI KEGIATAN

Kegiatan Robotic Soccer ini merupakan ajang adu strategi robot dimana robot akan beradu mencetak skor sebanyak banyaknya selama waktu yang ditentukan. Kegiatan Robotic Soccer ini juga menjadi ajang yang menarik untuk menambah pengalaman dan pengetahuan di bidang robotika.

PESERTA KEGIATAN

Kegiatan Robotic Soccer ini dapat diikuti oleh Siswa SMA/SMK Sederajat seluruh Indonesia. Peserta terbentuk dalam satu tim yang terdiri dari dua robot dan dua orang dari institusi yang sama serta satu pendamping.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN PERLOMBAAN

Hari, tanggal    : Kamis,31 Januari 2019

Waktu               : 06.30 WIB – selesai

Tempat             : Aula Gedung E Lt. 3  Universitas Dian Nuswantoro

TEMPAT PELAKSANAAN PELATIHAN REGIONAL

  • SEMARANG
  • PATI
  • JEPARA
  • YOGYAKARTA

RINCIAN BIAYA

  1. Biaya pendaftaran yang harus dibayar adalah Rp. 100.000,- per tim.
  2. Tersedia robot kit seharga 235.000,-pcs

KET: BIAYA PENDAFTARAN 100.000

BIAYA PELATIHAN Rp. 25.000
BIAYA MAKAN SIANG RP. 35.000
STICKER Rp. 10.000
SNACK Rp. 20.000
SERTIFIKAT Rp. 10.000
HARGA ROOBOT = KIT ROBOT + WORKSHOP ROBOT Rp. 235.000

 

FASILITAS

Snack, Makan, Sticker, Sertifikat.

HADIAH

Juara I Uang Tunai + Trophy + Trophy Rektor bergilir + Piagam

Juara II Uang Tunai + Trophy + Piagam

Juara III Uang Tunai + Trophy + Piagam

Juara Favorit Uang Tunai + Trophy + Piagam

Best Strategy Uang Tunai + Trophy + Piagam

PERSYARATAN

  1. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Peserta adalah siswa aktif dalam satu institusi (dibuktikan dengan Kartu Pelajar, atau surat yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah siswa dari institusi tersebut yang dikeluarkan oleh institusi yang bersangkutan).
  3. Setiap tim maksimal terdiri dari 2 orang siswa dan 1 pendamping (Tidak wajib).
  4. Peserta diwajibkan lolos syarat administrasi yaitu mengisi form pendaftaran pada website yang sudah tersedia dan membayar biaya registrasi.
  5. Robot dan perlengkapan disiapkan oleh masing-masing peserta, disarankan untuk membawa perlengkapan seperlunya. (misal: obeng, smartphone, tang, laptop, sparepart, kabel rol, dsb.)
  6. Panitia tidak bertanggung jawab atas kerusakan robot sebelum, saat, dan sesudah perlombaa
  7. Peserta wajib menjaga kebersihan arena pertandinga
  8. Dilarang keras berbicara kotor, memicu perkelahian, dan jika terbukti melakukannya maka tim tersebut akan dikenai san
  9. Peserta menggunakan pakaian rapi, sopan dan diwajibkan untuk bersepatu
  10. Peserta diwajibkan menggunakan ID card peserta saat lomba berlangsun

PROSES PENDAFTARAN

  1. Buka halaman di festival.dinus.ac.id
  2. Kemudian pilih event DR.COM (Dinus Robotic Competition)
  3. Isi form pendaftaran
  4. Konfirmasi pendaftaran ke CP Fahriska Hilmi dengan format, Nama Instansi_Nama Tim_Kategori (contoh:Udinus_Whillie_Line Follower)
  5. Biaya registrasi lomba dibayarkan pada saat TM

CP : Fahriska Hilmi 089689410074 (Telp/WhatsApp)

       : Ahmad Thoifur Rozzaq 085868964625 (Whatsapp)

       : Ahmad Vicgieh Aljabar 089621182261 (Whatsapp)

TECHNICAL MEETING

Technical Meeting akan diadakan pada hari H-1,

Hari, tanggal    : Rabu,30 Januari 2019

Waktu               : 09:00 WIB – selesai

Tempat             : Ruang serba Guna Gedung D.1.1  Universitas Dian   Nuswantoro

SPESIFIKASI ROBOT

  1. Dimensi robot maksimum :
  • Panjang : 22 cm
  • Lebar : 20 cm
  • Tinggi : 15 cm , diukur dari permukaan tanah
  1. Robot dikontrol menggunakan smartphone melalui bluetoot
  2. Robot tidak boleh merusak lintasan.
  3. Robot berjalan dengan bantuan operator Robot menggunakan smartphone,
  4. Hanya boleh mempertandingkan 2 robot dalam perlombaan (tidak ada robot soccer cadangan).
  5. Peserta membawa baterai sendiri.
  6. Baterai yang digunakan maksimal 10 volt.
  7. Berat robot maksimal 2 Kg.
  8. Robot diperbolehkan buatan sendiri dan boleh menggunakan kit pabrikan
  9. Jenis dan jumlah aktuator atau motor dc yang digunakan oleh robot tidak dibata
  10. Robot dilarang memecahkan diri menjadi bagian yang lebih kecil atau menjatuhkan benda apapun di dalam aren
  11. Apabila poin di atas dilanggar maka akan dikenakan sa

KUALIFIKASI LOMBA

Kualifikasi lomba untuk kategori pelajar Tingkat SMA/K Sederajat Seluruh Indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Babak Grup. Peserta akan dibagi menjadi grup. Pembagian grup menggunakan sistem random. Poin 3 untuk tim yang menang, poin 1 untuk tim yang Imbang dan Poin 0 untuk Tim yang Kalah.
  2. Babak Knockout. Babak ini menggunakan sistem gugur dan menggunakan sistem satu kali pertandingan
  3. Babak F Pada Babak Final ini menggunakan sistem satu kali pertandingan.

TATA TERTIB PESERTA

  1. Setiap peserta harus mentaati peraturan yang sudah diberlakukan oleh panitia.
  2. Semua peserta harus melakukan daftar ulang sebelum pertandingan, dengan membawa foto formal berwarna terbaru (3×4) sebanyak 2 lembar, kartu identitas (Kartu Tanda Pelajar, KTP, SIM, dll).
  3. Apabila peserta  yang  bertanding  belum  melakukan  registrasi ulang,  maka  akan di diskualifikasi saat pertandingan tersebut.
  4. Peserta diwajibkan untuk tidak melakukan kecurangan apapun dalam pertandingan.
  5. Peserta harus menjaga kebersihan lingkungan.
  6. Peserta dilarang membawa senjata tajam saat bertanding (pisau,gunting, dll).
  7. Dilarang merokok diarena perlombaan.

PERATURAN LOMBA DAN SISTEM PERTANDINGAN

  1. Sebelum bertanding:
    1. Sebelum registrasi alat alat yang dibutuhkan segera dipersiapkan
    2. Peserta harus melakukan registrasi ulang dengan membawa foto dan kartu identitas
    3. Setelah melakukan registrasi peserta tidak diperbolehkan untuk keluar masuk tanpa izin panitia
    4. Peserta diharuskan melepas sepatu dan diharuskan memakai kaos kaki agar tidak merusak lintasan saat bertanding
    5. Robot soccer peserta lomba  dari  masing  –  masing tim  akan  dikarantina  terlebih dahulu oleh panitia untuk dilakukan test spesifikasi, dan akan dikembalikan saat akan bertanding.
    6. Peserta membawa perlengkapan tools (tang, obeng, smartphone, sparepart, alat pemrogram dan sebagainya) sendiri, disarankan membawa seperlunya sa
    7. Kerusakan robot sebelum bertanding bukan merupakan tanggung jawab panit
    8. Selama berlangsungnya pertandingan diharapkan tertib dan tidak mengganggu peserta lain.
    9. Sebelum bertanding peserta diwajibkan untuk melakukan regristrasi lomba di meja panitia.
    10. Selama bertanding:
  2. Robot tidak diperbolehkan melebihi garis gawang sebelum pertandingan dimulai oleh wasit.
  3. Sistem pertandingan tahap awal atau penyisihan.
  4. Tiap tim ada dua perwakilan dalam arena pertandinga
  5. Perlombaan selesai apabila waktu yang telah ditentukan telah habis (6 menit)
  6. Apabla hasil imbang akan diadakan adu tendangan penalty sebanyak lima kali.
    • Tendangan penalty dilakukan dari titik tengah lapangan.
  1. Setelah Perlombaan
  2. Peserta dianjurankan saling berjabat tangan setelah pertandingan.
  3. Peserta yang kalah dianjurkan untuk tetap berpartisipasi dalam acara.

SISTEM PERTANDINGAN

  • Babak Grup
  1. Babak Grup Tingkat Pelajar SMA/K Sederajat Seluruh Indonesia dilakukan dengan sistem tanding
  2. Peserta diberikan waktu 1 menit bagi semua tim untuk free trial lapangan, 6 menit untuk waktu lomba.
  • Robot dianggap mencetak skor apabila bola masuk kegawang lawan.
  1. Mencapai poin tertinggi, lalu perolehan nilai digrup tersebut diakumulasikan diakhir sebagai penentuan untuk melaju kebabak selanjutnya.
  • Babak Knock out
  1. Babak Knock Out Tingkat Pelajar SMA/K Sederajat Seluruh Indonesia dilakukan dengan sistem sekali tanding
  2. Peserta diberikan waktu 1 menit bagi semua tim untuk free trial lapangan, 6 menit untuk waktu lomba.
  • Robot dianggap mencetak skor apabila bola masuk kegawang lawan.
  1. Pada Knock out akan diambil tim dengan skor terbesar, sebagai pertimbangan untuk melaju kebabak selanjutnya.
  2. Apabila hasil pertandingan imbang maka akan diadakan adu tendangan Penalty sebanyak 5 kali,dilakukan dari tengah lapangan
  • Babak Final
  1. Babak Final Tingkat Pelajar SMA/K Sederajat Seluruh Indonesia dilakukan dengan sistem sekali tanding.
  2. Peserta diberikan waktu 1 menit bagi semua tim untuk free trial lapangan, 6 menit untuk waktu lomba.
  • Robot dianggap mencetak skor apabila bola masuk kegawang lawan.
  1. Babak penentuan dilakukan dengan system tanding, pemenang ditentukan dengan perolehan skor tertinggi.
  2. Apabila terdapat hasil imbang maka akan diadakan tambahan waktu 2 menit.
  3. Apabila dari poin V masih imbang maka akan diadakan adu tendangan Penalty sebanyak 5 kali,dilakukan dari tengah lapangan
  • Dalam Babak Final ini akan diambil pemenang Juara 1, Juara 2 dan Juara 3 dan juara favorit dengan perolehan nilai tertinggi.

PENILAIAN

  1. Penilaian berdasarkan jumlah skor yang telah dicapai peserta.
  2. Jika terdapat tim dengan perolehan skor yang sama, maka akan diadakan adu penalty.
  3. Keputusan Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  4. Best strategi.

PELANGGARAN DAN SANKSI

  1. Diskualifikasi
  2. Jika nama tim dipanggil tiga kali dalam 60 detik dan tidak ada respon maka tim tersebut akan didiskualifikasi.
  3. Apabila merusak lintasan.
  4. Memicu perkelahian anatar peserta selama acara
  5. Peringatan berupa teguran langsung dari panitia
  6. Apabila berkata menyinggung lawan.
  7. Mebuat keributan antar peserta selama acara berlangsung.
  8. C. Retry

Keputusan melakukan retry (meletakkan robot pada posisi tepat di samping gawang) ada di tangan peserta jika merasa perlu. Retry boleh dilakukan jika dalam kondisi :

  1. Robot terhenti selama 3 detik atau lebih.
  2. Jumlah retry tidak dibatasi.
  3. Retry dapat dilakukan setelah mendapat persetujuan dari juri lapangan (dengan mengangkat tangan terlebih dahulu).
  4. D. Pelanggaran
  5. Mengganggu peserta lain yang sedang bertanding
  6. Start dengan bantuan yang tidak disetujui wasit
  7. Mencuri start
  8. Jika melakukan retry tanpa persetujuan juri lapangan atau melakukan retry tanpa mengangkat tangan terlebih dahulu
  9. Apabila melanggar maka tendangan bebas diberikan kepada lawan

SUSUNAN ACARA

Technical Meeting

No Waktu Durasi Acara
1 06:30 – 09:00 WIB 150’ Registrasi Peserta + Snack
2 09:00 – 09:30 WIB 30’ Pembukaan dan Do’a
3 09:30 – 09:45 WIB 15’ Sambutan – Sambutan
4 09:45 – 10:45 WIB 60’ Penyampaian Informasi Teknis (Peraturan
Pertandingan, Sistem Pertandingan, Lintasan,
Tanya Jawab)
5 10:45 – 11:05 WIB 20’ Pengambilan Nomor Pertandingan
6 11:05 – 11:15 WIB 10’ Penutup dan Do’a
7 11:16-13:00 104’ Istirahat Sholat
8 13.00-16.00 WIB 180’ Running Test

 

Pertandingan
No Waktu Durasi Acara
1 06.30 – 07.30 WIB 60’ Registrasi Peserta
2 07.30 – 08.00 WIB 30’ Pembukaan
3 08.00 – 08.20 WIB 20’ Pembacaan Peraturan
4 08.20 – 08.40 WIB 20’ Persiapan Tim dan Lapangan
5 08.40 – 12.00 WIB 200’ Babak Seleksi
6 12.00 – 13.00 WIB 60’ Istirahat, Sholat, Makan
7 13.00 – 13.10 WIB 10’ Pengumuman Babak Penyisihan
8 13.10 – 14.40 WIB 90’ Babak Penyisihan
9 14.40 – 15.30 WIB 90’ Pengumuman, istirahat, sholat
10 15.30 – 16.30 WIB 60’ Babak Final
11 16.30 – selesai Pengumuman
WIB

LAPANGAN LOMBA PELAJAR SOCCER

NB:

Peserta dapat menekan tombol start pada remote controll robot ketika wasit telah meniupkan peluit pertandingan dimulai.

id_IDIndonesian