Dinus Fest 2020

IT COMPETITION

LOMBA HACKATHON

Latar Belakang Lomba HACKATHON

Era Globalisasi membawa pengaruh yang besar bagi seluruh aspek kehidupan manusia, khususnya pada perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi yang tak terbatas ini memudahkan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Begitu pula pada ilmu pengetahuan yang selalu mengiringi kehidupan manusia. Sehingga didalam kehidupan saat ini manusia selalu berhubungan dengan teknologi dan ilmu pengetahuan.

Setiap tahunnya teknologi selalu mengalami kemajuan yang sangat pesat, seiring dengan kemajuan teknologi ini banyak pengetahuan – pengetahuan yang harus diketahui bagi semua orang khususnya bagi generasi penerus bangsa ini. Perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat harus diimbangi dengan sumber daya masyarakat yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas pula. Sehingga kemajuan yang pesat ini dapat dirasakan oleh semua orang.

Untuk memperluas wawasan kita dapat dilakukan dengan cara sering membaca artikel-artikel di web, membaca berita-berita yang sedang terjadi dan masih banyak lagi. Dengan adanya teknologi sekarang ini yang semakin canggih, kita dapat memperoleh itu semua dengan mudah dan cepat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menambah pengetahuan yang lebih dengan cara melakukan sebuah pembelajaran, dan salah satu pembelajaran tersebut dapat didapatkan dalam sebuah lomba Hackaton untuk mengetahui seberapa banyak pengetahuan dan wawasan yang dimiliki oleh para mahasiswa di era sekarang ini. Dan untuk membangun suatu ide yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat dengan membuat suatu aplikasi maupun program melalui lomba Hackathon.

Oleh karena itu, kami selaku Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro Semarang menyelenggarakan kegiatan IT Competition ini dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan di dunia IT bagi para mahasiswa serta untuk mengetahui seberapa banyak pengetahuan yang dimiliki oleh para mahasiswa. Lomba yang bertema “Increase Your Creativity With Technology” ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer dengan target peserta untuk hackathon sebanyak 10 tim yang sebelumya sudah diseleksi melalui proposal yang dikirimkan.

Hackathon 2020 bertemakan “Financial Technology” yang merupakan bagian dari event IT Competition. Hackathon ini dikemas dalam bentuk lomba live coding yang berdasarkan alur. Alur utama perlombaan dipangkas dalam dua sesi. Sesi pertama membuat coding. Dan sesi kedua melakukan pitching (presentasi) di depan juri. Masing-masing sesi memiliki bobot penilaian tersendiri. Pitching (presentasi di depan umum) merupakan penilaian yang mempunyai aspek dengan cangkupan yang luas serta sebagai parameter dari proses pengerjaan proyek.

Tujuan Lomba

  • Membuka laman baru IT Competition dibidang lomba Hackathon.
  • Sebagai wadah/tampungan atas ide di bidang teknologi yang bermanfaat didalam dunia masyarakat.
  • Sarana dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan.
  • Dikemas dalam bentuk lomba sehingga meningkatkan daya saing yang sehat.

Waktu dan Tempat

  • Hari / Tanggal :   Selasa, 21 Januari 2020 s/d Rabu, 22 Januari 2020
  • Waktu             :   07.00 WIB – Selesai
  • Tempat            :   Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Alamat            : Pendrikan Kidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa       Tengah 50131

Pendaftaran

1.      Pendaftaran Online

Tanggal     : 2 Desember 2019 s/d 7 Januari 2020

Website     : festival.dinus.ac.id

2.      Technical Meeting

Hari / Tanggal       : Sabtu, 18 Januari 2020

3.      Daftar Ulang

Hari / Tanggal       : Sabtu, 18 Januari 2020

Persyaratan Peserta

  1. Peserta merupakan mahasiswa D3 / D4 / S1 di Perguruan Tinggi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
  2. Peserta merupakan mahasiswa aktif yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa
  3. Lomba bersifat Kelompok / Tim, 1 Tim terdiri dari 3 orang.
  4. Persyaratan Admninistrasi :
  • Scan Kartu Tanda Mahasiswa ( dikirimkan melalui e-mail hmti@gmail.com ) + hardcopy
  • Surat Perjanjian
  • Proposal

Untuk Surat Perjanjian dan format Proposal dapat diunduh melalui link : bit.ly/hackathonITC2020

  1. Biaya Pendaftaran
  • Biaya : 65.000 / tim, biaya tersebut akan dikenakan apabila tim tersebut telah lolos dari penyeleksian proposal dan maju ketahap berikutnya
  • Tim yang telah melunasi pembayaran dapat dibuktikan dengan foto bukti pembayaran dan dikirim kepada salah satu contact person yang telah disediakan
  • Pembayaran ditransfer melalui rekening :

                  BNI

                  a/n Azhara Devi Sandi

                  No. Rek. : 806164022

  1. Karya yang dikirimkan merupakan karya orisinil dan belum pernah memenangkan perlombaan apapun.
  2. Hak Kekayaan Intelektual dari peserta tetap akan menjadi hak dari peserta.

Fasilitas

  • ID Card
  • Sertifikat
  • Makan siang
  • Snack
  • Souvenir

Pelaksanaan Kegiatan

  1. Pendaftaran akan dibuka hingga 7 Januari 2020.
  2. Akan diadakan proses penyeleksian terlebih dahulu dengan mengumpulkan proposal.
  3. Batas pengumpulan proposal hingga 8 Januari 2019.
  4. Pengumuman lolos proposal pada 15 Januari 2019.
  5. Peserta yang telah lolos seleksi proposal wajib hadir di Universitas Dian Nuswantoro untuk melakukan Technical Meeting.
  6. Peserta datang melakukan presensi dan diberikan nomor tempat duduk. Peserta menempati tempat duduk sesuai dengan nomor masing-masing.
  7. Program atau aplikasi yang dikerjakan harus sesuai dengan tema yang sudah diberikan pada saat Technical Meeting.
  8. Peserta diwajibkan menggunakan Platform Web dalam membuat Program atau A
  9. Peserta diharapkan menyiapkan Laptop dan software yang diperlukan dalam pembuatan program atau aplikasi.
  10. Sesi live coding dilaksanakan pada hari Selasa, 21 Januari 2020.
  11. Sesi Pitching dilakasanakan pada hari Rabu, 22 Januari 2020.
  12. Peserta dilarang meninggalkan tempat pada waktu perlombaan berlangsung.
  13. Peserta wajib menggunakan ID card selama acara berlangsung.
  14. Keputusan panitia dan juri bersifat mutlak.

Tema

Solusi berbasis Teknologi Dalam layanan finansial”

Sistem Penilaian

Penilaian Proposal

NO Kriteria Keterangan
1  Kesesuaian Judul Kesesuaian antara judul dengan isi dan kesesuaian antara judul dengan tema diperhitungkan dalam lomba ini.
2  Ide Karya Mempunyai ide yang kreatif dan mampu diimplementasikan di kemudian hari. Bersifat orisinal atau tidak plagiasi.
3  Fungsionalitas Fitur yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan bagi user dan mampu memecahkan masalah

Penilaian Project

NO Kriteria Keterangan
1  Code –          Kesesuaian fungsi code dengan hasil yang ditampilkan
2  Sinkronisasi –          Penghubungan antar fitur maupun tabel tidak salah

–          Kesesuaian aplikasi dengan proposal

3  Presentasi –          Sikap saat presentasi.

–          Kejelasan saat menuangkan presentasi.

–          Bersifat persuasif menarik perhatian.

4 Media Presentasi –          Kreativitas

–          Menarik

5 Sasaran –          Mencapai Tujuan

–          Bermanfaat

6 Desain –          Tampilan dan penempatan fitur-fitur diharapkan mudah dipahami dan enak dipandang (user friendly)

Peraturan Peserta

  1. Peserta lomba datang ke tempat pelaksanaan 60 menit sebelum acara perlombaan dimulai dengan menggunakan pakaian sopan dan almamater masing – masing.
  2. Peserta tidak diperkenankan meninggalkan area pelaksanaan lomba tanpa seizin panitia.
  3. Selama lomba berlangsung, peserta dilarang bekerjasama dengan tim lain.
  4. Aplikasi tidak mengandung konten pornografi,politik, SARA dan Hal yang melanggar hukum .
  5. Panitia tidak bertanggung jawab atas isi konten aplikasi peserta.
  6. Saat istirahat seluruh peserta berada diluar ruangan dan menghentikan seluruh kegiatan.
  7. Apabila peserta melanggar peraturan yang telah berlaku maka akan menjadi pertimbangan pada penilaian akhir.

Hadiah

Pemenang lomba mini hackathon mendapatkan penghargaan berupa:

Juara I Rp. 1.500.000,00 + Sertifikat
Juara II Rp. 1.250.000,00 + Serifikat
Juara III Rp. 1.000.000,00 + Sertifikat

Contact Person

  1. Fendya : 0895 4100 64263
  2. Yuka : 0877 4447 2073

Penutup

Demikian Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Lomba HACKATHON 2020 ini kami buat, dukungan dan partisipasi dari semua pihak demi terwujudnya Program Kerja Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro ini, kami ucapkan banyak terima kasih.

Download Juklak/Juknis

id_IDIndonesian