PETUNJUK PELAKSANAAN 

DAN 

PETUNJUK TEKNIS 

INFORMATION TECHNOLOGY COMPETITION 

LOMBA CERDAS CERMAT 

DINUS FEST 2021 

“Improve Your Capabilities and Creativity in the Digital Age” 

 

 

A. Persyaratan Peserta 

  1. Peserta merupakan pelajar kelas 10 – 12 SMA/SMK/MA di Jawa Tengah dan  Daerah Istimewa Yogyakarta.
  2. Pendaftaran dilakukan dengan cara melakukan pendaftaran di website fetival.dinus.ac.id dan itc.hmtiudinus.org yang berisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.
  3. Lomba bersifat individu
  4. Setiap perwakilan sekolah mengirimkan siswa/siswinya. 
  5. Melampirkan persyaratan administrasi seperti :  
    • Scan kartu pelajar ( 1 lembar / orang ). 
    • Scan surat izin / rekomendasi dari pihak sekolah. 
  6. Persyaratan administrasi diunggah dalam satu folder berbentuk RAR dengan format penamaan ITC_LCC_NAMA PESERTA_ASAL SEKOLAH dan dikirimkan ke email HMTI : hmti@orma.dinus.ac.id 
  7. Biaya pendaftaran sebesar Rp15.016 / orang. Untuk proses pembayaran melalui rekening di bawah ini dan untuk konfirmasi dapat melalui Contact Person yang tersedia. 
    • Nama Bank : Bank Jateng  
    • Cabang : Udinus 
    • Atas Nama : Kemahasiswaan Udinus 
    • No. Rekening : 3 099 07026 8 
  8. Kuota Peserta Terbatas.

 

B. Lingkup Materi 

  1. Sejarah dan Perkembangan Teknologi 
  2. Multimedia 
  3. Jaringan Komputer 
  4. Microsoft Office 
  5. Android 
  6. Artificial Intelligence (AI) 
  7. Web  

 

C. Fasilitas 

E-Sertifikat 

 

D. Pelaksanaan Kegiatan 

Timeline LCC: 

No  KEGIATAN  WAKTU
Pendaftaran  12 Januari 2021 s/d 29 Januari 2021
Technical Meeting  30 Januari 2021
Pelaksanaan Lomba  1 Februari 2021
Pengumuman Pemenang  1 Februari 2021 
  1. Lomba dilaksanakan pada hari Senin, 1 Februari 2021. 
  2. Peserta mendaftar pada link pendaftaran yang telah tersedia. 
  3. Setelah mendaftar peserta akan diberi link akses untuk aplikasi / web dan zoom yang akan digunakan pada saat lomba.
  4. Peserta wajib menyiapkan device masing-masing serta memiliki koneksi internet yang memadai.
  5. Peserta harus sudah siap minimal 30 menit sebelum lomba dimulai dengan format penamaan pada akun Zoom : Nama_Nama Sekolah_Kode Kota
  6. Pada saat lomba dimulai peserta wajib on-cam serta mengikuti serangkaian acara lomba dengan tertib.
  7. Perlombaan Cerdas Cermat IT terdiri dari 2 babak, yaitu : 

I. BABAK PENYISIHAN 

Babak penyisihan terdiri dari 2 sesi : 

  1. Sesi Pertama 
    • Di sesi pertama, peserta diberikan akses sebuah link zoom dan juga aplikasi / sistem yang berisikan pilihan untuk memilih jawaban (A, B, C, D) dari soal yang akan dibacakan oleh host.
    • Peserta diminta untuk mengerjakan semua soal tersebut.
    • Jawaban benar bernilai 2 poin dan jawaban salah atau tidak dijawab bernilai 0 poin.
    • Jika ada peserta dengan poin yang sama diurutan terakhir, maka peserta dengan waktu penyelesaian (submit) tercepat yang akan lolos ke sesi berikutnya.
    • Diambil 50% dari jumlah peserta dengan nilai terbaik.
  1. Sesi Kedua 
    • Di sesi kedua ini soal akan dibacakan oleh host dan peserta hanya tinggal memilih jawaban (a, b, c, d). 
    • Jawaban benar bernilai 2 poin, jawaban salah bernilai -1 poin, serta jawaban kosong / tidak diisi bernilai 0 poin
    • Jika ada peserta dengan poin yang sama di urutan terakhir, maka, akan ada sesi tambahan. 
    • Diambil 10 dari jumlah peserta dengan nilai terbaik. 

 

II. BABAK FINAL 

  1. Sesi Pertama 
    • Poin dari babak sebelumnya tidak berlaku. 
    • Di zoom tersebut nantinya akan ada moderator dan pengawas. 
    • Dibacakan beberapa soal isian kepada masing-masing peserta untuk dijawab dalam kurun waktu yang telah ditentukan. 
    • Tiap soal memiliki poin awal 10 poin 
    • Apabila peserta tidak dapat menjawab soal yang diberikan, maka soal yang diberikan akan dilemparkan kepada peserta lain secara berurutan, dan nilai pada soal akan dikurangi 1 poin. 
    • Jika ada peserta dengan poin sama di urutan terakhir maka akan ada sesi tambahan yaitu soal rebutan. 
    • Diambil 5 peserta dengan nilai terbaik. 
  2. Sesi Terakhir 
    • Pada sesi ini poin dari sesi sebelumnya tidak berlaku 
    • Di dalam zoom tersebut nantinya akan ada moderator dan pengawas 
    • Moderator akan membacakan soal isian, dan peserta akan dipersilahkan untuk menekan tombol raise hand secepat mungkin.
    • Peserta diperbolehkan untuk menyampaikan jawaban setelah dipersilahkan oleh moderator.  
    • Apabila soal berhasil terjawab, maka peserta akan mendapat poin 3, apabila salah maka peserta akan mendapatkan poin -1, dan tidak diperbolehkan untuk menjawab 1 soal setelahnya . 
    • Diambil 3 peserta dengan poin tertinggi untuk penentuan juara 1, 2, dan 3. Jika ada peserta dengan poin yang sama, maka akan diberikan sesi tambahan kepada peserta tersebut. 

 

III. SESI TAMBAHAN 

  1. Pada babak ini, peserta diminta untuk menjawab pertanyaan dengan cara raise hand
  2. Peserta diperbolehkan menyampaikan jawaban setelah dipersilahkan oleh moderator. 
  3. Apabila jawaban benar, maka peserta akan lanjut ke babak selanjutnya.  
  4. Dan apabila salah, maka peserta akan bertahan di posisi tersebut. 

 

E. Tata Tertib Lomba 

  1. Peserta lomba memasuki link zoom/meet yang telah dibagikan 30 menit sebelum acara perlombaan dimulai dengan menggunakan pakaian seragam sekolah masing-masing 
  2. Setelah masuk ke dalam link zoom/meet peserta mengisi daftar hadir atau absensi yang telah tersedia pada live chat 
  3. Peserta yang hendak izin ke kamar mandi atau lain sebagainya sebelum lomba dimulai diharapkan untuk izin melalui live chat terlebih dahulu kepada panitia 
  4. Selama lomba berlangsung, peserta : 
    • Dilarang bekerjasama dengan peserta lain 
    • Dilarang mencari jawaban di internet
    • Dilarang on mic dan membuat keributan pada saat lomba berlangsung (khususnya babak penyisihan) 
  5. Apabila ada peserta yang melanggar aturan pada nomor 4 maka : 
    • Akan dimute oleh panitia apabila masih membuat keributan pada saat lomba berlangsung 
    • Akan mendapatkan peringatan dengan pengurangan 10 poin. Maksimal 2x peringatan 
    • Jika melebihi 2x peringatan maka akan didiskualifikasi 
  6. Jika waktu perlombaan yang tertera habis maka semua kegiatan lomba dihentikan 
  7. Ketentuan pemenang sudah menjadi tanggung jawab Panitia dan Juri, serta tidak dapat diganggu gugat. 
  8. Peserta harus mentaati segala peraturan yang berlaku

 

Contact Person 

Keterangan/informasi lebih lanjut dapat menghubungi : 

  1. LOMBA 
    • Syifa : 0858-9300-3303 
    • Danis : 0813-9242-6933 
  2. SPONSORSHIP 
    • Ekki : 0822-4169-8249