JUKLAK LOMBA DESAIN UI/UX 

DinusFest adalah rangkaian kegiatan lomba antar pelajar SMA/SMK/MA serta  berbagai macam Expo yang diselenggarakan Universitas Dian Nuswantoro setiap tahun. Pada kesempatan kali ini Unit Kegiatan Mahasiswa Badan Amalan Islam Matholi’ul  Anwar berpartisipasi pada kegiatan DinusFest dengan membawakan tema Young Muslim  Creativity. 

Young Muslim Creativity merupakan sebuah kegiatan terbesar dari Unit Kegiatan  Mahasiswa Badan Amalan Islam Matholi’ul Anwar Universitas Dian Nuswantoro yang  bertujuan untuk mensyiarkan agama islam kepada seluruh masyarakat civitas akademik  Universitas Dian Nuswantoro khususnya dan keseluruh masyarakat yang diundang untuk  berperan dalam kegiatan ini. Syiar dalam Young Muslim Creativity dilakukan dengan  beberapa kegiatan yakni beberapa lomba yang diikuti oleh pelajar SMA/SMK/MA tingkat  nasional dan mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro serta konser yang bertujuan untuk  penggalangan dana sosial. Dengan diadakan kegiatan tersebut diharapkan semua yang  mengikuti, menyimak atau yang hanya sekedar melihat bisa tahu bahwa kegiatan-kegiatan  islam itu memiliki banyak manfaat dalam membangun generasi penerus bangsa. 

 

A. Deskripsi Lomba 

UI/UX Competition merupakan cabang kompetisi dalam ajang DinusFest: Young  Muslim Creativity 2020. Kompetisi User Interface(UI)/User Experience(UX) Design  adalah kompetisi desain antarmuka sistem/produk yang berorientasi kepada kenyamanan  dan kemudahan pengguna(user) dalam menggunakan sistem/produk tersebut. Tujuan dari  design interface ini adalah untuk membuat interaksi pengguna sekreatif, sesederhana dan  seefisien mungkin.  

Dalam kompetisi ini yang menjadi fokus utama adalah menciptakan desain  antarmuka sistem/produk menjadi efisien dan memberikan pengalaman yang menyeluruh  bagi pengguna ketika sedang menggunakan sistem/produk tersebut. Tema kompetisi Desain UI/UX DinusFest 2021 adalah “Muslim Mobile Apps”. 

 

B. Tahapan Lomba  

Tahap 1 (Pendaftaran dan Pengumpulan Karya): 

  • Pendaftaran Online (4 Januari – 20 Januari 2021) 
  • Pengumpulan Karya (5 Januari – 21 Januari 2021)  
  • Pengumuman Seleksi (25 Januari 2021)  

Tahap 2 (Babak Final): 

  • Technical Meeting (26 Januari 2021)  
  • Presentasi (31 Januari 2021)  
  • Pengumuman Juara (18 Februari 2021) 

 

C. Syarat dan Ketentuan 

  1. Peserta beragama Islam.
  2. Peserta adalah pelajar SMA Sederajat atau mahasiswa aktif PTN/PTS S1/Diploma di seluruh Indonesia dibuktikan dengan Kartu Pelajar atau KTM. 
  3. Setiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari 1 tim.
  4. Setiap tim harus berasal dari sekolah atau perguruan tinggi yang sama.
  5. Setiap tim maksimal terdiri dari 2 – 3 Anggota. 
  6. Setiap anggota yang terdaftar hanya boleh tergabung dalam satu tim. 
  7. Anggota diperbolehkan mendaftarkan diri pada cabang kompetisi lain di DinusFest:  Young Muslim Creativity dengan syarat peserta tidak menjadi ketua pada kompetisi ini. 
  8. Setiap tim memberi nama untuk timnya masing-masing.
  9. Perubahan anggota tim setelah pendaftaran online dan selama kompetisi tidak diperkenankan kecuali ada udzur yang sangat penting.
  10. Panitia berhak mendiskualifikasi dan mencabut gelar juara jika ditemukan kecurangan atau pelanggaran terhadap karya ataupun aturan kompetisi UI / UX.
  11. Ketentuan Peserta yang belum tercantum akan ditambahkan kemudian hari bila diperlukan.

 

D. Ketentuan Lomba : 

  1. Desain UI/UX bertema islami yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk kepentingan umat muslim.
  2. Tools yang digunakan bebas (seperti : adobe flash dll).
  3. Setiap kelompok hanya diperkenankan mengirimkan satu karya terbaiknya.
  4. Karya yang dilombakan merupakan ide orisinil dan tidak mengandung unsur SARA,  PORNOGRAFI dan tidak bertentangan dengan norma yang berlaku. 
  5. Karya UI/UX berbasis aplikasi mobile. 
  6. Karya harus sesuai dengan tema yaitu Moslem Mobile Apps.
  7. Desain UI/UX tidak melanggar syariat agama Islam.
  8. Karya yang dilombakan tidak sedang/belum pernah memenangi penghargaan di lomba  manapun. 
  9. Hak dari karya peserta pada kompetisi Desain UI/UX akan tetap menjadi hak dari  peserta. 
  10. Ketentuan penilaian : 
    • Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang ditetapkan oleh panitia. 
    • Karya yang diterima adalah yang dikirimkan sesuai dengan batas waktu yang telah  ditentukan. 
    • Pemenang kompetisi merupakan peserta yang memiliki nilai tertinggi dari semua  aspek penilaian yang telah ditetapkan oleh panitia. 
  11. Ketentuan UI/UX yang belum tercantum akan ditambahkan di kemudian hari.
  12. Keputusan juri dan panitia tidak dapat diganggu gugat. 

 

E. Sistem Kompetisi 

Babak Penyisihan 

Pada babak penyisihan ini, peserta diminta untuk mengumpulkan proposal karya yang  ingin mereka rancang. Proposal dibuat dengan ketentuan berikut: 

  1. Peserta telah mengikuti prosedur pendaftaran pada link festival.dinus.ac.id dan melengkapi data pendaftaran dengan benar.
  2. Peserta yang tidak memenuhi persyaratan pendaftaran sampai waktu yang ditentukan akan dinyatakan gugur (Maksimal 20 Januari 2021)
  3. Peserta wajib mengupload twibbon yang sudah disediakan oleh panitia ke instagram dengan mention 5 teman. Link twibbon ada di link berikut:
    linktr.ee/ymcudinus
  4. Proposal karya merupakan ide orisinil. 
  5. Proposal mengacu dan memiliki relevansi dengan tema yang telah ditentukan.
  6. Proposal tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar  Golongan). 
  7. Proposal disusun sesuai template proposal yang diberikan, template dapat diunduh  di website dan dilihat di Instagram @bai_udinus. 
  8. Proposal minimal terdiri atas 10 halaman.
  9. Selain Proposal, tim juga wajib mengirimkan gambar mockup dari aplikasi yang  dirancang dan scan/foto dari kartu pelajar / KTM peserta yang tergabung dalam  tim. 
  10. Karya berformat .rar yang berisi proposal, folder Mockup dan folder KP/KTM lalu dikirimkan oleh ketua tim ke email youngmuslimcreativity@gmail.com Dengan ketentuan nama subject dan proposal: YMC_UI/UX_NamaTim. 
  11. Pengumuman peserta yang lolos pada tahap ini akan diumumkan melalui email  peserta, instagram (@bai_udinus) dan juga website YMC pada tanggal 18 Februari  2021. 

 

Babak Final 

Pada babak final, peserta mempresentasikan karya yang mereka buat di depan dewan  juri dan membuat high-fidelity prototype karya. Berikut ketentuan babak final :

  1. 10 peserta yang lolos di babak penyisihan akan melanjutkan ke babak final. Babak final diadakan secara daring melalui Zoom Meeting.
  2. Finalis menghadiri Technical Meeting dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2021 yang dilakukan secara online melalui Google Meet (apabila berhalangan hadir bisa menghubungi panitia pada contact person yang ada*).
  3. Finalis melakukan presentasi aplikasi pada tanggal 31 Januari 2021 melalui Zoom Meeting.
  4. Finalis wajib berpakaian muslim, sopan dan menutup aurat ketika presentasi.
  5. Cakupan presentasi adalah penjelasan mengenai karya dan desain karya didepan dewan juri.
  6. Waktu total presentasi adalah 25 menit, dengan rincian 15 menit untuk sesi presentasi dan 10 menit untuk sesi tanya-jawab.
  7. Penjelasan lebih lanjut mengenai teknis pelaksanaannya akan dijelaskan saat Technical Meeting.
  8. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 18 Februari 2021.

 

F. Kriteria Penilaian 

Adapun aspek yang dinilai dalam lomba Desain UI/UX adalah sebagai berikut:

1. Babak Penyisihan

Kriteria Penilaian  Keterangan  Bobot
Identifikasi Permasalahan  – Urgensi Permasalahan beserta  kebermanfaatan atau efek langsung  pengguna atau masyarakat. 

– Kesesuaian permasalahan karya yang  dibuat dengan tema. 

– Implementasi masalah karya yang  diangkat kedalam perangkat lunak

25%
Inovasi & Orisinalitas  Terdapat keunikan dan nilai lebih dari segi  pemecahan masalah, teknis penggunaan  aplikasi, dan desain antarmuka. 40%
Metode Desain  – Metode pengumpulan data pada  pembuatan karya sebagai acuan dalam  identifikasi kebutuhan pengguna. 

– Langkah-langkah desain dan pengujian  desain tersebut berdasarkan prinsip UX

35%

 

2. Babak Final 

Kriteria Penilaian  Keterangan  Bobot
Presentasi  Penjelasan mengenai karya di depan dewan  juri. 60%
Tanya Jawab  Dapat menjawab pertanyaan dengan baik.  40%

 

G. Informasi 

Ira (+6285754084302) 

Wahyu (+6285641295207)

 

 

id_IDIndonesian