JUKLAK LOMBA DESAIN UI/UX
DinusFest adalah rangkaian kegiatan lomba antar pelajar SMA/SMK/MA serta berbagai macam Expo yang diselenggarakan Universitas Dian Nuswantoro setiap tahun. Pada kesempatan kali ini Unit Kegiatan Mahasiswa Badan Amalan Islam Matholi’ul Anwar berpartisipasi pada kegiatan DinusFest dengan membawakan tema Young Muslim Creativity.
Young Muslim Creativity merupakan sebuah kegiatan terbesar dari Unit Kegiatan Mahasiswa Badan Amalan Islam Matholi’ul Anwar Universitas Dian Nuswantoro yang bertujuan untuk mensyiarkan agama islam kepada seluruh masyarakat civitas akademik Universitas Dian Nuswantoro khususnya dan keseluruh masyarakat yang diundang untuk berperan dalam kegiatan ini. Syiar dalam Young Muslim Creativity dilakukan dengan beberapa kegiatan yakni beberapa lomba yang diikuti oleh pelajar SMA/SMK/MA tingkat nasional dan mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro serta konser yang bertujuan untuk penggalangan dana sosial. Dengan diadakan kegiatan tersebut diharapkan semua yang mengikuti, menyimak atau yang hanya sekedar melihat bisa tahu bahwa kegiatan-kegiatan islam itu memiliki banyak manfaat dalam membangun generasi penerus bangsa.
A. Deskripsi Lomba
UI/UX Competition merupakan cabang kompetisi dalam ajang DinusFest: Young Muslim Creativity 2020. Kompetisi User Interface(UI)/User Experience(UX) Design adalah kompetisi desain antarmuka sistem/produk yang berorientasi kepada kenyamanan dan kemudahan pengguna(user) dalam menggunakan sistem/produk tersebut. Tujuan dari design interface ini adalah untuk membuat interaksi pengguna sekreatif, sesederhana dan seefisien mungkin.
Dalam kompetisi ini yang menjadi fokus utama adalah menciptakan desain antarmuka sistem/produk menjadi efisien dan memberikan pengalaman yang menyeluruh bagi pengguna ketika sedang menggunakan sistem/produk tersebut. Tema kompetisi Desain UI/UX DinusFest 2021 adalah “Muslim Mobile Apps”.
B. Tahapan Lomba
Tahap 1 (Pendaftaran dan Pengumpulan Karya):
- Pendaftaran Online (4 Januari – 20 Januari 2021)
- Pengumpulan Karya (5 Januari – 21 Januari 2021)
- Pengumuman Seleksi (25 Januari 2021)
Tahap 2 (Babak Final):
- Technical Meeting (26 Januari 2021)
- Presentasi (31 Januari 2021)
- Pengumuman Juara (18 Februari 2021)
C. Syarat dan Ketentuan
- Peserta beragama Islam.
- Peserta adalah pelajar SMA Sederajat atau mahasiswa aktif PTN/PTS S1/Diploma di seluruh Indonesia dibuktikan dengan Kartu Pelajar atau KTM.
- Setiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari 1 tim.
- Setiap tim harus berasal dari sekolah atau perguruan tinggi yang sama.
- Setiap tim maksimal terdiri dari 2 – 3 Anggota.
- Setiap anggota yang terdaftar hanya boleh tergabung dalam satu tim.
- Anggota diperbolehkan mendaftarkan diri pada cabang kompetisi lain di DinusFest: Young Muslim Creativity dengan syarat peserta tidak menjadi ketua pada kompetisi ini.
- Setiap tim memberi nama untuk timnya masing-masing.
- Perubahan anggota tim setelah pendaftaran online dan selama kompetisi tidak diperkenankan kecuali ada udzur yang sangat penting.
- Panitia berhak mendiskualifikasi dan mencabut gelar juara jika ditemukan kecurangan atau pelanggaran terhadap karya ataupun aturan kompetisi UI / UX.
- Ketentuan Peserta yang belum tercantum akan ditambahkan kemudian hari bila diperlukan.
D. Ketentuan Lomba :
- Desain UI/UX bertema islami yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk kepentingan umat muslim.
- Tools yang digunakan bebas (seperti : adobe flash dll).
- Setiap kelompok hanya diperkenankan mengirimkan satu karya terbaiknya.
- Karya yang dilombakan merupakan ide orisinil dan tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI dan tidak bertentangan dengan norma yang berlaku.
- Karya UI/UX berbasis aplikasi mobile.
- Karya harus sesuai dengan tema yaitu Moslem Mobile Apps.
- Desain UI/UX tidak melanggar syariat agama Islam.
- Karya yang dilombakan tidak sedang/belum pernah memenangi penghargaan di lomba manapun.
- Hak dari karya peserta pada kompetisi Desain UI/UX akan tetap menjadi hak dari peserta.
- Ketentuan penilaian :
- Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang ditetapkan oleh panitia.
- Karya yang diterima adalah yang dikirimkan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.
- Pemenang kompetisi merupakan peserta yang memiliki nilai tertinggi dari semua aspek penilaian yang telah ditetapkan oleh panitia.
- Ketentuan UI/UX yang belum tercantum akan ditambahkan di kemudian hari.
- Keputusan juri dan panitia tidak dapat diganggu gugat.
E. Sistem Kompetisi
Babak Penyisihan
Pada babak penyisihan ini, peserta diminta untuk mengumpulkan proposal karya yang ingin mereka rancang. Proposal dibuat dengan ketentuan berikut:
- Peserta telah mengikuti prosedur pendaftaran pada link festival.dinus.ac.id dan melengkapi data pendaftaran dengan benar.
- Peserta yang tidak memenuhi persyaratan pendaftaran sampai waktu yang ditentukan akan dinyatakan gugur (Maksimal 20 Januari 2021)
- Peserta wajib mengupload twibbon yang sudah disediakan oleh panitia ke instagram dengan mention 5 teman. Link twibbon ada di link berikut:
linktr.ee/ymcudinus - Proposal karya merupakan ide orisinil.
- Proposal mengacu dan memiliki relevansi dengan tema yang telah ditentukan.
- Proposal tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).
- Proposal disusun sesuai template proposal yang diberikan, template dapat diunduh di website dan dilihat di Instagram @bai_udinus.
- Proposal minimal terdiri atas 10 halaman.
- Selain Proposal, tim juga wajib mengirimkan gambar mockup dari aplikasi yang dirancang dan scan/foto dari kartu pelajar / KTM peserta yang tergabung dalam tim.
- Karya berformat .rar yang berisi proposal, folder Mockup dan folder KP/KTM lalu dikirimkan oleh ketua tim ke email youngmuslimcreativity@gmail.com Dengan ketentuan nama subject dan proposal: YMC_UI/UX_NamaTim.
- Pengumuman peserta yang lolos pada tahap ini akan diumumkan melalui email peserta, instagram (@bai_udinus) dan juga website YMC pada tanggal 18 Februari 2021.
Babak Final
Pada babak final, peserta mempresentasikan karya yang mereka buat di depan dewan juri dan membuat high-fidelity prototype karya. Berikut ketentuan babak final :
- 10 peserta yang lolos di babak penyisihan akan melanjutkan ke babak final. Babak final diadakan secara daring melalui Zoom Meeting.
- Finalis menghadiri Technical Meeting dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2021 yang dilakukan secara online melalui Google Meet (apabila berhalangan hadir bisa menghubungi panitia pada contact person yang ada*).
- Finalis melakukan presentasi aplikasi pada tanggal 31 Januari 2021 melalui Zoom Meeting.
- Finalis wajib berpakaian muslim, sopan dan menutup aurat ketika presentasi.
- Cakupan presentasi adalah penjelasan mengenai karya dan desain karya didepan dewan juri.
- Waktu total presentasi adalah 25 menit, dengan rincian 15 menit untuk sesi presentasi dan 10 menit untuk sesi tanya-jawab.
- Penjelasan lebih lanjut mengenai teknis pelaksanaannya akan dijelaskan saat Technical Meeting.
- Pemenang akan diumumkan pada tanggal 18 Februari 2021.
F. Kriteria Penilaian
Adapun aspek yang dinilai dalam lomba Desain UI/UX adalah sebagai berikut:
1. Babak Penyisihan
Kriteria Penilaian | Keterangan | Bobot |
Identifikasi Permasalahan | – Urgensi Permasalahan beserta kebermanfaatan atau efek langsung pengguna atau masyarakat.
– Kesesuaian permasalahan karya yang dibuat dengan tema. – Implementasi masalah karya yang diangkat kedalam perangkat lunak |
25% |
Inovasi & Orisinalitas | Terdapat keunikan dan nilai lebih dari segi pemecahan masalah, teknis penggunaan aplikasi, dan desain antarmuka. | 40% |
Metode Desain | – Metode pengumpulan data pada pembuatan karya sebagai acuan dalam identifikasi kebutuhan pengguna.
– Langkah-langkah desain dan pengujian desain tersebut berdasarkan prinsip UX |
35% |
2. Babak Final
Kriteria Penilaian | Keterangan | Bobot |
Presentasi | Penjelasan mengenai karya di depan dewan juri. | 60% |
Tanya Jawab | Dapat menjawab pertanyaan dengan baik. | 40% |
G. Informasi
Ira (+6285754084302)
Wahyu (+6285641295207)