DN.ROBOCO

DINUS ROBOTIC COMPETITION

ROBOT SOCCER

 

A. PESERTA KEGIATAN

Kompetisi Robot Soccer ini dapat diikuti oleh Siswa SMA/SMK/Sederajat seluruh Indonesia. Peserta terbentuk dalam satu tim yang terdiri dari maksimal 2 robot, minimal 1 robot dengan 2 orang dari institusi yang sama serta 1 pendamping.

 

B. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

  • Technical Meeting
    Tanggal: 17 Januari 2023
    Waktu: 08:00 WIB – Selesai
    Tempat: ZOOM
  • Pelaksanaan
    Tanggal: 24-25 Januari 2023
    Waktu: 06:30 WIB – Selesai
    Tempat: Aula Gedung E Lt. 3 Universitas Dian Nuswantoro

 

C. BIAYA PENDAFTARAN

  • Biaya pendaftaran yang harus dibayar adalah Rp. 75.000,- per tim.
  • Pembayaran lomba bisa ditransfer melalui;
    • Nama Bank: Bank Jateng
    • Cabang: Udinus
    • Atas nama: Kemahasiswaan Udinus
    • No. Rek: 3099070268
    • Kode pembayaran: 19
    • Contoh : 150.019

 

D. PERSYARATAN

  1. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Peserta adalah pelajar SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat aktif dalam satu institusi (dibuktikan dengan Kartu Pelajar atau surat yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah Siswa dari institusi tersebut yang dikeluarkan oleh institusi yang bersangkutan).
  3. Setiap tim maksimal terdiri dari 2 orang + 1 orang pendamping.
  4. Peserta diwajibkan lolos syarat administrasi yaitu mengisi form pendaftaran pada website yang sudah tersedia.
  5. Robot dan perlengkapan disiapkan oleh masing-masing peserta, disarankan untuk membawa perlengkapan seperlunya. (Misal: obeng, solder, laptop, sparepart, kabel rol, dsb.)
  6. Panitia tidak bertanggung jawab atas kerusakan robot sebelum, saat, dan sesudah perlombaan.
  7. Peserta wajib menjaga kebersihan arena pertandingan.
  8. Panitia tidak menjamin tidak adanya interferensi cahaya dari luar.
  9. Dilarang keras berbicara kotor, memicu perkelahian, dan jika terbukti melakukannya maka tim tersebut akan dikenai sanksi.
  10. Peserta menggunakan pakaian rapi, sopan dan diwajibkan untuk bersepatu. Peserta diwajibkan menggunakan ID card peserta di hari lomba berlangsung.
  11. Peserta dilarang keras membawa senjata tajam

 

E. PROSES PENDAFTARAN

  1. Buka halaman di “festival.dinus.ac.id
  2. Kemudian pilih event DN.ROBOCO (Dinus Robotic Competition) Robot Soccer
  3. Isi form pendaftaran.
  4. Konfirmasi pendaftaran ke CP POSTER dengan format, Nama Instansi_Nama Tim_Kategori
    (Contoh: Udinus_Tim Rajawali_Robot Soccer).
  5. Biaya registrasi dibayarkan secara transfer pada rekening yang disediakan

 

F. SPESIFIKASI ROBOT

  1. Dimensi robot maksimum:
    • Panjang : 20 cm
    • Lebar : 20 cm
    • Tinggi : 12 cm , diukur dari permukaan tanah
  2. Robot dikontrol menggunakan smartphone/joystick (wireless) oleh operator (anggota tim.)
  3. Robot tidak boleh merusak lintasan.
  4. Hanya boleh mempertandingkan maksimal 2 robot dalam pertandingan. Robot cadangan maksimal 1 (optional).
  5. Peserta membawa baterai sendiri.
  6. Baterai yang digunakan maksimal 12 volt.
  7. Berat robot maksimal 2 Kg.
  8. Robot diperbolehkan buatan sendiri dan boleh menggunakan kit pabrikan
  9. Jenis dan jumlah aktuator atau motor dc yang digunakan oleh robot tidak dibatasi.
  10. Robot dilarang memecahkan diri menjadi bagian yang lebih kecil atau menjatuhkan benda apapun di dalam arena.
  11. Apabila poin di atas dilanggar maka akan dikenakan sanksi.
  12. Robot di perbolehkan menggunakan penendang atau pun tidak .
  13. Robot dilarang keras menggunakan desain yang ada pencapit .

 

G. KUALIFIKASI LOMBA

Kualifikasi lomba untuk kategori Tingkat SMA/ SMK/MA/MAK/Sederajat Seluruh Indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Babak Knockout. Babak ini menggunakan sistem gugur dan menggunakan sistem satu kali tanding dengan durasi 2×5 menit.
  2. Babak Final. Pada Babak Final ini menggunakan sistem gugur dengan durasi 2×7 menit

 

H. TATA TERTIB PESERTA

  1. Setiap peserta harus mentaati peraturan yang sudah diberlakukan oleh panitia.
  2. Semua peserta harus melakukan daftar ulang sebelum pertandingan, dengan membawa, kartu Pelajar atau Surat Keterangan Siswa Aktif dari sekolah.
  3. Apabila peserta yang bertanding belum melakukan registrasi ulang, maka akan di diskualifikasi saat pertandingan tersebut.
  4. Peserta diwajibkan untuk tidak melakukan kecurangan apapun dalam pertandingan.
  5. Peserta harus menjaga kebersihan lingkungan.
  6. Peserta dilarang membawa senjata tajam saat bertanding (pisau,gunting, dll).
  7. Dilarang merokok/vape/ dan sejenisnya diarena perlombaan

 

I. PERATURAN LOMBA DAN SISTEM PERTANDINGAN

  1. Sebelum bertanding
    • Sebelum registrasi alat alat yang dibutuhkan segera dipersiapkan
    • Peserta harus melakukan registrasi ulang dengan membawa kartu Pelajar atau Surat Keterangan Siswa Aktif dari sekolah.
    • Setelah melakukan registrasi peserta tidak diperbolehkan untuk keluar masuk tanpa izin panitia
    • Robot soccer peserta lomba dari masing – masing tim akan dikarantina terlebih dahulu oleh panitia untuk dilakukan test spesifikasi, dan akan dikembalikan saat akan bertanding.
    • Peserta membawa perlengkapan tools (tang, obeng, sparepart, alat pemrogram dan sebagainya) sendiri, disarankan membawa seperlunya saja.
    • Kerusakan robot sebelum bertanding bukan merupakan tanggung jawab panitia.
    • Selama berlangsungnya pertandingan diharapkan tertib dan tidak mengganggu peserta lain.
    • Sebelum bertanding peserta diwajibkan untuk melakukan regristrasi ulang lomba di meja panitia.
  2. Selama bertanding
    • Peserta dianjurankan saling berjabat tangan sebelum pertandingan.
    • Robot harus berada di sudut lapangan sebelum pertandingan dimulai oleh wasit dengan meniup peluit.
    • Tiap tim maksimal ada 2 orang dari anggota tim dalam arena pertandingan.
    • Bola yang masuk gawang karena pantulan dinding tidak dianggap Gol.
    • Perlombaan selesai apabila waktu yang telah ditentukan telah habis.
      • Apabla hasil imbang akan diadakan perpanjangan waktu, jika mendapatkan hasil imbang lagi maka dilanjut dengan adu tendangan penalty dilakukan dari titik tengah lapangan
  3. Setelah Perlombaan
    • Peserta dianjurankan saling berjabat tangan setelah pertandingan.
    • Peserta yang kalah dianjurkan untuk tetap berpartisipasi dalam acara

 

J. SISTEM PERTANDINGAN

  • Setiap tim mengambil undian nomor pertandingan secara random pada saat melakukan registrasi ulang di hari pertama pelaksanaan kompetisi (24 Januari 2023)
  • Sistem permainannnya dengan konsep bracket pertandingan berdasarkan nomor undian yang didapat

 

K. BABAK PERTANDINGAN

  1. Babak Knock Out
    • Babak Knock Out Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat Seluruh Indonesia dilakukan dengan sistem sekali tanding.
    • Peserta diberikan waktu 1 menit bagi semua tim untuk free trial lapangan.
    • Robot dianggap mencetak skor apabila bola masuk kegawang lawan (Bola yang masuk gawang karena pantulan dinding tidak dianggap Gol)
    • Pada Knock out akan diambil tim dengan skor terbesar, sebagai pertimbangan untuk melaju kebabak selanjutnya.
    • Apabla hasil imbang akan diadakan perpanjangan waktu 2x2menit, jika mendapatkan hasil imbang lagi maka dilanjut dengan adu tendangan penalty sebanyak lima kali dari tengah lapangan
  2. Babak Final
    • Babak Final Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat Seluruh Indonesia dilakukan dengan sistem sekali tanding.
    • Peserta diberikan waktu 30 detik bagi semua tim untuk free trial lapangan, 2×5 menit untuk waktu pertandingan. 2×7 menit untuk pertandingan final
    • Robot dianggap mencetak skor apabila bola masuk kegawang lawan (Bola yang masuk gawang karena pantulan dinding tidak dianggap Gol)
    • Babak penentuan dilakukan dengan system tanding, pemenang ditentukan dengan perolehan skor tertinggi.
    • Apabila terdapat hasil imbang maka akan diadakan tambahan waktu 2×3 menit.
    • Apabila dari poin 5 masih imbang maka akan diadakan adu tendangan Penalty sebanyak 5 kali, dilakukan dari tengah lapangan
    • Dalam Babak Final ini akan diambil pemenang Juara 1, Juara 2 dan Juara 3.

 

L. PELANGGARAN DAN SANKSI

  1. Diskualifikasi
    • Jika nama tim dipanggil tiga kali dalam 60 detik dan tidak ada respon maka tim tersebut akan didiskualifikasi.
    • Apabila merusak lintasan.
    • Memicu perkelahian anatar peserta selama acara berlangsung.
  2. Peringatan berupa teguran langsung dari panitia
    • Apabila berkata menyinggung lawan.
    • Mebuat keributan antar peserta selama acara berlangsung.
  3. Retry
    Keputusan melakukan retry (meletakkan robot pada posisi tepat di samping gawang) ada di tangan peserta jika merasa perlu. Retry boleh dilakukan jika dalam kondisi

    • Robot terhenti selama 10 detik atau lebih.
    • Bila robot tersangkut selama 5 detik.
    • Jumlah retry tidak dibatasi.
    • Retry dapat dilakukan setelah mendapat persetujuan dari juri lapangan (dengan mengangkat tangan terlebih dahulu).
  4. Pelanggaran
    • Mengganggu peserta lain yang sedang bertanding.
    • Start dengan bantuan yang tidak disetujui wasit.
    • Mencuri start.
    • Pemain memasuki arena tanpa persetujuan wasit.
    • Pergantian pemian saat bertanding tanpa persetujuan wasit.
    • Jika melanggar peraturan di atas maka akan dapat peringatan, dan jika sudah peringatan 3 kali maka pemain akan di keluarkan dari game (per individu)
    • Jika melakukan retry tanpa persetujuan juri lapangan atau melakukan retry tanpa mengangkat tangan terlebih dahulu Apabila melanggar maka tendangan bebas diberikan kepada lawan.

 

M. ATURAN TAMBAHAN

  1. Aturan yang belum ditetapkan di atas akan ditetapkan kemudian
  2. Peserta diwajibkan mengikuti technical meeting (TM)
  3. Keputusan Tim Juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, apa lagi tim tersebut tidak mengikuti TM (tim yang tidak mengikuti TM harus mau menerima kesepakatan TM).

 

JUKLAK & JUKNIS (ROBOT SOCCER) DN.ROBOCO
id_IDIndonesian