UI/UX Competition merupakan cabang kompetisi dalam ajang DinusFest: Young Muslim Creativity 2024. Kompetisi User Interface(UI)/User Experience(UX) Design adalah kompetisi desain antarmuka sistem/produk yang berorientasi kepada kenyamanan dan kemudahan pengguna (user) dalam menggunakan sistem/produk tersebut. Tujuan dari design interface ini adalah untuk membuat interaksi pengguna sekreatif, sesederhana dan se-efisien mungkin.

Dalam kompetisi ini yang menjadi fokus utama adalah menciptakan desain antarmuka sistem/produk menjadi efisien dan memberikan pengalaman yang menyeluruh bagi pengguna ketika sedang menggunakan sistem/produk tersebut. Tema kompetisi Desain UI/UX DinusFest 2023 adalah “Anak Muda Kreatif Berkarya dan Berakhlak Mulia Untuk Indonesia”.

A. Tahapan Lomba

  • Pendaftaran Lomba: 25 Desember 2023 – 19 Januari 2024
  • Pengumpulan Karya: 25 Desember 2022 – 20 Januari 2024
  • Pengunguman Seleksi: 21 Januari 2024
  • Technical Meeting: 22 Januari 2024
  • Presentasi Final: 25 Januari 2024

B. Syarat & Ketentuan

  1. Peserta beragama Islam
  2. Peserta adalah pelajar SMA/SMK/MA atau mahasiswa aktif PTN/PTS S1/Diploma di seluruh Indonesia dibuktikan dengan Kartu Pelajar atau KTM.
  3. Peserta mendaftar melalui link festival.dinus.ac.id
  4. Membayar biaya pendaftaran dengan menambahkan kode lomba ymc (Kode : 15) diakhir nominal sehingga sebesar Rp. 50.015,- yang dapat transfer ke Nomor Rekening (Bank Jateng 3-099-07026-8 Kemahasiswaan Udinus)
  5. Bagi peserta yang telah mendaftarkan timnya, dapat mengunggah bukti transfer di Link Pendaftaran bagian Screen Shot/ Foto bukti Pembayaran Pendaftaran Lomba.
  6. Setelah melakukan pendaftaran segera konfirmasi dengan menghubungi via WhatsApp di nomor : 081914204950 (Hilmy)
  7. Setiap sekolah/perguruan tinggi diperbolehkan mengirimkan perwakilan lebih dari 1 tim.
  8. Setiap anggota tim harus berasal dari sekolah atau perguruan tinggi yang sama
  9. Setiap tim maksimal terdiri dari 2 – 3 Anggota.
  10. Setiap anggota yang terdaftar hanya boleh tergabung dalam satu tim.
  11. Anggota diperbolehkan mendaftarkan diri pada cabang kompetisi lain di DinusFest: Young Muslim Creativity dengan syarat peserta tidak menjadi ketua pada kompetisi ini.
  12. Setiap tim memberi nama untuk timnya masing-masing.
  13. Perubahan anggota tim setelah pendaftaran online dan selama kompetisi tidak diperkenankan kecuali ada udzur (halangan) yang sangat penting.
  14. Panitia berhak mendiskualifikasi dan mencabut gelar juara jika ditemukan kecurangan atau pelanggaran terhadapa karya ataupun aturan kompetisi UI / UX.
  15. Ketentuan Peserta yang belum tercantum akan ditambahkan kemudian hari bila diperlukan.

C. Ketentuan Lomba

  1. Desain UI/UX berbasis aplikasi mobile dengan tema “Anak Muda Kreatif Berkarya dan Berakhlak Mulia Untuk Indonesia” yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk kepentingan umat muslim.
  2. Tools yang digunakan bebas (seperti : adobe XD, figma, dll).
  3. Setiap kelompok hanya diperkenankan mengirimkan satu karya terbaiknya.
  4. Karya yang dilombakan merupakan ide orisinil dan tidak mengandung unsur SARA, Pornografi dan tidak bertentangan dengan norma yang berlaku.
  5. Desain UI/UX tidak melanggar syariat agama Islam.
  6. Karya yang dilombakan tidak sedang/belum pernah memenangi penghargaan dilomba manapun.
  7. Hak dari karya peserta pada kompetisi Desain UI/UX akan tetap menjadi hak dari peserta.
  8. Ketentuan penilaian :
    • Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang ditetapkan oleh panitia.
    • Karya yang diterima adalah yang dikirimkan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.
    • Pemenang kompetisi merupakan peserta yang memiliki nilai tertinggi dari semua aspek penilaian yang telah ditetapkan oleh panitia.
    • Ketentuan UI/UX yang belum tercantum akan ditambahkan di kemudian hari.
    • Keputusan juri dan panitia tidak dapat diganggu gugat.

D. Sistem Kompetisi

  1. Babak Penyisihan
    • Pada babak penyisihan ini, peserta diminta untuk mengumpulkan Proposal karya yang ingin mereka rancang. Proposal dibuat dengan ketentuan berikut:
      1. Peserta telah mengikuti prosedur pendaftaran pada link dan melengkapi data pendaftaran dengan benar
      2. Peserta yang tidak memenuhi persyaratan pendaftaran sampai waktu yang ditentukan akan dinyatakan gugur (Maksimal 20 Januari 2024)
      3. Peserta (tiap anggota kelompok) wajib mengupload twibbon yang sudah disediakan oleh panitia ke instagram dengan mention 5 teman
      4. Proposal karya merupakan ide orisinil.
      5. Proposal mengacu dan memiliki relevansi dengan tema yang telah ditentukan.
      6. Proposal disusun sesuai template Proposal yang diberikan.
      7. Proposal minimal terdiri atas 10 halaman
      8. Peserta mengirimkan detail karya berupa file dengan nama JUDUL_NamaTim dalam bentuk .rar/.zip ke email youngmuslimcreativity@gmail.com dengan subjek email : YMC_UI/UX_Namatim (maksimal 20 Januari 2024) dengan isi file sebagai berikut :
        • Proposal karya berupa word atau pdf Desain UI/UX berupa .png/.jpg
        • Scan/Foto kartu pelajar/KTM tiap anggota tim (jika tidak punya bisa memakai surat rekomendasi dari sekolah)
        • Foto anggota yang tergabung dalam tim, setiap file diberi nama masing- masing anggota
      9. Pengumuman peserta yang lolos pada tahap ini akan diumumkan melalui email peserta dan instagram (@bai_udinus) pada tanggal 21 Januari 2024.
      10. Peserta yang lolos akan diteruskan ke tahap selanjutnya, akan dipilih 10 finalis untuk masuk ke babak final
  2. Babak Final
    • Pada babak final, peserta mempresentasikan karya yang mereka buat di depan dewan juri. Berikut ketentuan babak final :
      1. 10 tim yang lolos di babak penyisihan akan melanjutkan ke babak final. Babak final diadakan secara daring melalui Zoom Meeting.
      2. Finalis menghadiri Technical Meeting dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2024 yang dilakukan secara online melalui Zoom Meeting atau Google Meet (apabila berhalangan hadir bisa menghubungi panitia pada contact person yang ada*).
      3. Finalis melakukan presentasi aplikasi pada tanggal  25 Januari 2024 melalui Zoom Meeting.
      4. Finalis wajib berpakaian muslim, sopan dan menutup aurat ketika presentasi.
      5. Finalis wajib mengikuti seluruh rangkaian acara dari awal hingga akhir.
      6. Cakupan presentasi adalah penjelasan mengenai karya dan desain karya didepan dewan juri.
      7. Waktu total presentasi adalah 25 menit, dengan rincian 15 menit untuk sesi presentasi dan 10 menit untuk sesi tanya-jawab.
      8. Peserta melakukan presentasi sesuai dengan nomor urut masing-masing
      9. Jika peserta yang mendapat giliran untuk presentasi dipanggil 3 kali namun tidak memberikan jawaban, maka akan mendapatkan giliran presentasi di urutan terakhir
      10. Peserta diharapkan untuk memaksimalkan waktu yang diberikan untuk presentasi. Apabila melebihi dari waktu yang sudah ditentukan, maka panitia akan langsung memotong jalannya presentasi.
      11. Penjelasan lebih lanjut mengenai teknis pelaksanaannya akan dijelaskan saat Technical Meeting.
      12. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 25 Januari 2023.

E. Kriteria Penilaian

Adapun aspek yang dinilai dalam lomba Desain UI/UX adalah berikut:

F. Pemenang & Hadiah

  1. Pemenang terdiri dari juara 1, 2 dan 3.
  2. Pemenang ditentukan oleh dewan juri berdasarkan pengumpulan point terbanyak dari masing-masing kriteria penilaian.
  3. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  4. Hadiah berupa uang pembinaan sebesar :
    • Juara 1 : Sertifikat + Voucher Beasiswa + uang pembinaan
    • Juara 2 : Sertifikat + Voucher Beasiswa + uang pembinaan
    • Juara 3 : Sertifikat + Voucher Beasiswa + uang pembinaan

G. Informasi

Raihan    : +62 858-4192-3348

id_IDIndonesian