A. Timeline Kegiatan

Kegiatan
Waktu
Tempat
Keterangan
Technical Meeting
Kamis, 30 Januari 2025 (10:00 WIB)
Gedung D, lt. 4 ruang 12
Opening Ceremony
Senin, 3 Februari 2025 (07:30 WIB)
GOR USSC (Udinus Satria Sports Center)
-Pembukaan (sambutan-sambutan)
-Pengucapan Janji (wasit dan atlet)
-Perform
Competition
3 - 6 Februari (07:30 WIB)
GOR USSC & Lapangan Nakula UDINUS
Sistem gugur untuk babak penyisihan hingga semifinal dengan two winning set, dan sistem gugur untuk babak final dengan three winning set, rally 25 poin per-set
Closing Ceremony
Kamis, 6 Februari 2025
GOR USSC
1st, 2nd, 4th place (Tim Putra dan Putri) dan Penyerahan Most Valuable Player (MVP) untuk pemain putra dan putri

B. Peraturan Peserta

  1. Setiap peserta tim merupakan siswa/siswi dari SMA/SMK/MA/MAK Sederajat, yang sama dan masih aktif menjadi siswa/siswi terdaftar pada tahun ajaran 2024/2025. Dibuktikan dengan KTP (Kartu Tanda Pelajar) asli dan fotokopi, Raport semester terakhir, dan Surat Keterangan/Rekomendasi siswa/siswi aktif dari SMA/SMK/MA/MAK Sederajat.
  2. Pemain yang diperbolehkan mengikuti kejuaraan DINUS FEST VOLI 2025 adalah Siswa-siswi aktif dibuktikan dengan KTP (Kartu Tanda Pelajar) asli/Ijazah/rapor/Akte Kelahiran, dan atau kartu identitas lainnya yang mencantumkan tanggal kelahiran.
  3. Pemain yang mengikuti DINUS FEST VOLI 2025 yang diselenggarakan oleh UKM Bola Voli UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO hanyalah peserta legal yang telah terdaftar dan telah memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku dan sudah di sahkan oleh dewan hakim (Ketua Pelaksana, Pembina, dan Perwakilan Wasit).
  4. Jumlah peserta dalam satu Tim maksimal 14 pemain, dan didampingi 1 orang pelatih, 1 asisten pelatih, berserta 1 orang manager.
  5. Setiap team wajib menggunakan kaos dan celana tim yang seragam untuk bertanding dengan menggunakan nomor dada dan punggung.
  6. Setiap pemain diwajibkan menggunakan nomor punggung 1 sampai 14.
  7. Untuk peserta DINUS FEST VOLI 2025 tidak boleh ada pemain cabutan atau tidak sah, seperti: alumni, bukan siswa/i dari SMA/SMK/MA/MAK Sedrajat tersebut, pemain sewaan, siswa/i SMP dan lain-lain.
    Sanksi: Tim tersebut akan didiskualifikasi.
  8. Seorang pemain yang melakukan pelanggaran berupa kekerasan/penganiayaan terhadap pemain lawan dan atau kepada wasit yang memimpin pertandingan, maka wasit berhak mengeluarkan pemain tersebut dari pertandingan dan secara otomatis dikenakan larangan bermain pada sisa pertandingan yang ada serta TIM tersebut diskualifikasi.
  9. Apabila penganiayaan mengakibatkan terjadinya baku hantam secara masal antar pemain kedua tim, maka terhadap pemain yang pertama menjadi sumber penyebab dikeluarkan dari Pertandingan dan secara otomatis dikenakan larangan bermain pada sisa pertandingan yang ada dan selanjutnya dikenakan sanksi pemecatan sementara selama satu musim kompetisi mendatang dan akan diselesaikan secara hukum yang berlaku. Kalau tidak terjadi baku hantam, orang yang membuat ricuh dikeluarkan dari pertandingan.
  10. Jika karena kejadian tersebut salah satu dari pihak menyatakan sikapnya tidak bersedia melanjutkan pertandingan, maka tim tersebut dianggap melakukan pemogokan akan dinyatakan kalah diskualifikasi dan dikeluarkan denda Rp 2.000.000,00 (Dua Juta Rupiah) sesuai dengan surat perjanjian yang sudah dibuat.
  11. Pemain wajib menggunakan nomer punggung sesuai data yang sudah di berikan kepada panitia sebelum TM. Apabila salah satu tim ada yang melanggar maka akan diberikan sanksi Diskualifikasi. Dengan adanya peraturan ini menjadikan pemain yang sudah didaftarkan tidak dapat berubah posisi setelah pertandingan berlangsung.
  12. Bagi peserta yang mengundurkan diri sebelum TM maka uang pendaftaran dapat kembali 40% dari total registrasi. Tetapi jika mengundurkan diri setelah TM dilaksanakan maka uang pendaftarannya hangus.

C. Peraturan Official

  1. Official tim yang berada dilapangan diwajibkan berseragam dan bersepatu. Maksimal 2 orang, yang terdiri oleh 1 orang pelatih, dan 1 orang asisten.
  2. Pelatih (Coach) dan Official/Manager
    • Wajib mengenakan pakaian rapi berseragam, celana panjang dan sepatu.
    • Official/Manager dan coach yang berada di lapangan maksimal hanya 2 (dua) orang.
    • Official/Manager dan coach tidak boleh berganti orang di setiap pertandingan.
    • Penyimpangan dari ketentuan diatas maka Official/Manager dan coach tidak berhak mendampingi timnya selama pertandingan.
  3. Medical Care (Tim Medis)
    • Panitia hanya menyediakan pertolongan pertama kepada pemain yang cedera dalam bentuk pertolongan pertama.
    • Apabila cedera pemain perlu untuk dirujuk, maka panitia hanya bertanggungjawab atas tempat rujukan dan biaya transportasi. Setelah itu, menjadi tanggung jawab medical care tim yang bersangkutan.

D. Peraturan Umum

  1. Peserta tidak dapat menggugat segala macam keputusan mutlak panitia selama pertandingan dan selama turnamen berlangsung, termasuk jadwal pertandingan yang telah diputuskan.
  2. Yang berhak memasuki lapangan pertandingan hanya kontingen tim yang akan bertanding, wasit, serta panitia yang bertugas.
  3. Semua peserta DINUS FEST VOLI 2025 wajib mematuhi segala peraturan yang telah dibuat panitia penyelenggara selama acara berlangsung. Jika terdapat pelanggaran selama acara berlangsung maka panitia berhak memberikan sanksi sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan.
  4. Setiap peserta DINUS FEST VOLI 2025 wajib mengirimkan 6 perwakilan dari setiap tim untuk mengikuti acara Opening Ceremony di GOR USSC (Udinus Satria Sport Center) pada tanggal 28/29 Januari 2025 pukul 07.30 WIB dengan membawa Id-card yang sudah diberikan oleh panitia.
    Sanksi: Apabila tim yang bersangkutan tidak hadir maka akan diberi sanksi berupa denda Rp 50.000,00 (lima puluh ribu rupiah) per kepala yang tidak hadir.
  5. Dilarang keras memakai obat-obatan terlarang atau yang mengandung alkohol/minuman keras.
    Sanksi: Apabila ditemukan pelanggaran, maka orang yang bersangkutan akan langsung diserahkan ke pihak yang berwajib.
  6. Dilarang merokok dan sejenisnya di dalam GOR USSC, tribun penonton, ruang ganti pemain atau di sekitar lapangan pertandingan.
    Sanksi : Apabila ditemukan pelanggaran, maka orang yang bersangkutan akan mendapat teguran langsung dari pihak panitia dan diperbolehkan memasuki kawasan GOR USSC hanya apabila bersedia mematikan rokok.
  7. Dilarang keras membawa minuman yang berupa gelas kaca dan minuman sasetan. Diperkenankan membawa minuman tumbler atau berbotol plastik tetapi tidak boleh untuk membuat keonaran di lingkungan pertandingan. (catatan: menjaga kebersihan).
    Sanksi: Apabila ditemukan membawa minuman berupa gelas kaca, maka minuman tersebut harus diletakkan di luar GOR USSC ketika pemeriksaan keamanan.
  8. Dilarang keras membawa senjata tajam dan barang yang dapat membahayakan orang lain.
    Sanksi: Apabila ditemukan pelanggaran, maka orang yang bersangkutan akan langsung diserahkan ke pihak yang berwajib.
  9. Pengesahan peserta akan ditentukan pada saat Technical Meeting.
  10. Setiap tim diwajibkan mengirimkan perwakilan 2 (dua) orang untuk menghadiri Technical Meeting yang diadakan pada tanggal 30 Januari 2025 di Ruang Serbaguna UDINUS. Jika tidak ada perwakilan dari setiap tim, maka tim yang bersangkutan dianggap menyetujui dan harus melaksanakan semua keputusan dan kesepakatan yang dihasilkan pada saat Technical Meeting.
  11. Hal-hal yang tidak/belum diatur dalam peraturan pertandingan ini maupun berita acara akan dibahas pada Technical Meeting nantinya dan akan ditetapkan kemudian secara khusus oleh panita.

E. Teknis Pertandingan

  1. Peraturan yang digunakan adalah peraturan resmi PBVSI terbaru yang berlaku dan disahkan oleh Pengurus Pusat PBVSI.
  2. Sistem pertandingan yang digunakan adalah sistem gugur yang dimulai dengan 2 (dua) kali kemenangan hingga PEREMPAT FINAL, babak SEMIFINAL dan babak FINAL dengan sistem gugur menggunakan 3 (tiga) kali kemenangan.
  3. Bola yang digunakan dalam kejuaraan DINUS FEST VOLI Tahun 2025 adalah Bola Voli yang disediakan oleh panitia.
  4. Panitia tidak menyediakan bola untuk pemanasan.
  5. Apabila waktu yang telah ditentukan sesuai dengan jadwal pertandingan telah tiba dan semua tim telah siap di lapangan, maka pertandingan akan segera dimulai.
  6. Apabila waktu yang telah ditentukan sesuai dengan jadwal pertandingan telah tiba, tetapi sarana pertandingan belum siap maka tim-tim yang akan bertanding wajib menunggu. Setelah pertandingan selesai maka pertandingan selanjutnya siap untuk dipertandingkan.
  7. Tim yang bertanding harus berada ditempat pertandingan maksimal 30 menit sebelum pertandingan dimulai untuk melakukan registrasi ulang.
  8. Tim yang terlambat datang ke lapangan pertandingan lebih dari 5 menit dari waktu pertandingan yang telah ditentukan, maka tim tersebut dinyatakan WO (walk out).
  9. Setiap tim yang menolak atau mengundurkan diri saat bertanding, baik sebagian maupun seluruh pertandingan, maka tim tersebut dinyatakan WO (walk out).
  10. Tidak ada protes secara langsung baik saat pertandingan berlangsung maupun selama turnamen kepada panitia setelah perwakilan tim menandatangani Surat Kesanggupan pada saat Technical Meeting.
  11. Tidak ada protes secara langsung saat pertandingan berlangsung karena keputusan wasit bersifat mutlak.
  12. Tidak ada protes setelah perwakilan dari tim menandatangani hasil scoresheet pertandingan.
  13. Jika terpaksanya ada protes, protes hanya diperkenankan dengan cara tertulis oleh kapten tim diketahui Manager Tim yang bersangkutan dan ditujukan kepada dewan wasit paling lambat 15 menit setelah pertandingan selesai disertai dengan uang sidang (protes diterima atau ditolak uang sidang tidak dapat diminta kembali) dan segala biaya setelah keputusan ditanggung penggugat.
  14. Satu kali protes setiap tim wajib menyertakan uang sidang sebesar Rp. 1.000.000,00 (Satu Juta Rupiah) seusai pertandingan maksimal 1 jam setelah pertandingan.
  15. Diterima atau tidaknya protes yang diajukan akan disampaikan oleh panitia pertandingan kepada tim yang mengajukan.
  16. Keputusaan akhir adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

F. Registrasi

  1. Registrasi pertama dilakukan dengan melakukan pendaftaran baik online maupun offline. Tim mendaftarkan diri dan mengirimkan berkas persyaratan secara online kepada panitia.
  2. Pendaftaran online melalui link di bawah ini:
    Kategori Putra
    Kategori Putri
  3. Biaya Registrasi event Dinus Volleyball Competition untuk masing-masing tim dikenakan sebesar Rp 350.000,- dengan menyertakan kode angka 29.
    Contoh : Pembayaran tim A sebesar 350.000 menjadi 350.029
  4. Pembayaran ditransfer melalui:
    Nama Bank: Bank Jateng
    No. Rekening: 3099070268
    Atas Nama: Kemahasiswaan UDINUS
  5. Registrasi kedua pada saat Technical Meeting dengan mengisi data registrasi dari panitia dan melengkapi berkas-berkas dalam bentuk hardfile,
  6. Registrasi pertandingan dilakukan 30 menit sebelum pertandingan dimulai dengan setiap pemain wajib mengumpulkan KARTU PELAJAR dan RAPOR asli.
  7. Apabila kelengkapan persyaratan registrasi tidak terpenuhi oleh salah satu atau lebih dari satu pemain, maka pemain tersebut dilarang mengikuti pertandingan.

G. Peraturan Supporter

  1. Supporter tidak diperkenankan membawa/memainkan Horn dan kembang api, petasan
    pada saat pertandingan.
    Sanksi:
    • Apabila supporter membawa/memainkan Horn, maka panitia berhak menegur dan menyita sampai supporter keluar dari arena pertandingan.
    • Apabila supporter membawa/memainkan kembang api/petasan, maka supporter yang bersangkutan akan langsung diserahkan kepada pihak yang berwajib.
    • Bagi supporter wajib menjaga ketertiban dan kenyamanan, serta menjunjung tinggi sportivitas. Apabila pada saat maupun setelah pertandingan terjadi kerusuhan di sekitar area pertandingan, yang mengakibatkan kerusakan, maka pihak tim yang bersangkutan akan dikenai sanksi sebagai berikut :
      1. Tim tersebut kalah diskualifikasi, pihak panitia akan melakukan blacklist suporter selama 1 musim kompetisi mendatang dan wajib mengganti segala jenis kerusakan yang ditimbulkan.
      2. Apabila point 1(satu) diatas tidak bersedia dipenuhi maka tim yang bersangkutan harus membayar denda sebesar Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah) yang telah disepakati sesuai perjanjian bermaterai dalam Surat Kesanggupan.
  2. Penonton/Supporter dilarang membawa bahan, benda atau barang yang dapat berpotensi membahayakan manusia dan lingkungan sekitar lokasi pertandingan.
  3. Penonton/Supporter wajib menunjukkan tiket masuk ketika hendak memasuki lokasi area pertandingan.
  4. Tiket hanya berlaku untuk 1 orang.
  5. Penonton/Supporter dilarang melakukan kegiatan yang berpotensi menghambat jalannya acara lomba.
  6. Penonton/Supporter dilarang masuk area panitia.
  7. Penonton/Supporter tidak diperbolehkan masuk melalui pintu masuk pemain.
  8. Dilarang keras memakai obat-obatan terlarang atau yang mengandung alkohol/minuman keras. Sanksi: Apabila ditemukan pelanggaran, maka orang yang bersangkutan akan langsung diserahkan ke pihak yang berwajib.
  9. Dilarang merokok dan sejenisnya di dalam GOR USSC, tribun penonton, ruang ganti pemain atau di sekitar lapangan pertandingan.
    Sanksi: Apabila ditemukan pelanggaran, maka orang yang bersangkutan akan mendapat teguran langsung dari pihak panitia dan diperbolehkan memasuki kawasan GOR USC hanya apabila bersedia mematikan rokok.
  10. Dilarang keras membawa minuman yang berupa gelas kacadan minuman sasetan. Diperkenankan membawa minuman tumbler atau berbotol plastik tetapi tidak boleh untuk membuat keonaran di lingkungan pertandingan. (catatan: menjaga kebersihan).
    Sanksi: Apabila ditemukan membawa minuman berupa gelas kaca, maka minuman tersebut harus diletakkan di luar GOR USSC ketika pemeriksaan keamanan.
  11. Dilarang keras membawa senjata tajam dan barang yang dapat membahayakan orang lain.
    Sanksi: Apabila ditemukan pelanggaran, maka orang yang bersangkutan akan langsung diserahkan ke pihak yang berwajib.
  12. Penonton/supporter tidak diperkenankan membawa makanan, serta rokok ke dalam area tempat pertandingan DINUS FEST VOLI 2025, apabila membawa barang-barang tersebut.
id_IDIndonesian