A. Lingkup Subtema

  1. Tajuk: Panorama
  2. Tema: Explore Wonder Forest
  3. Sub-Tema: Desaon Poster Digitas dan Manual
    • Alam dan Imajinasi Manusia
    • Keindahan Alam

B. Pendaftaran dan Ketentuan Peserta Lomba

  1. Terdaftar sebagai pelajar SMA/SMK/MA sederajat (Kategori A) dan Masyarakat Umum (Kategori B).
  2. Peserta Kategori A yang akan ikut acara lomba melampirkan:
    • Scan kartu pelajar, atau
    • Surat rekomendasi mengikuti lomba dari sekolah
  3. Peserta Kategori B yang akan ikut acara lomba melampirkan:
    • Scan kartu mahasiswa, atau
    • Surat tugas mengikuti lomba dari universitas
  4. Mendaftarkan diri secara individu melalui link di bawah ini
    Kategori A Pelajar
    Kategori B Mahasiswa/Umum
  5. Melakukan pembayaran pendaftaran ke:
    Nama Bank : Bank Jateng
    Cabang : Udinus
    Atas Nama : Kemahasiswaan Udinus
    No. Rekening : 3-099-07026-8
    Kode Unik : Rp. xx.x10 (contoh Rp 35.010)
    Biaya per orang : 35.000 (WAJIB PAKAI KODE ATAU DIANGGAP HANGUS)
    Maksimal Tanggal : 17 Januari 2025
  6. Lomba bersifat individu, setiap sekolah / universitas dapat mengirim 1 peserta atau lebih.
  7. Peserta wajib menginformasikan kepada panitia setelah mengirim berkas dengan menghubungi contact person :
    Norma: 0857-2741-3168
    Silva: 0815-7592-3679
  8. Panitia tidak melayani dan bertanggung jawab terhadap peserta jika tidak memenuhi syarat.
  9. Peserta tidak dapat melakukan refund karena setiap peserta akan mendapatkan konsumsi personal.

C. Kriteria Penilaian

  1. Gambar yang dibuat harus orisinil (tidak diperbolehkan untuk plagiat) dan harus sesuai dengan tema serta komunikatif.
  2. Gambar yang dibuat tidak boleh mengandung unsur SARA, politik, dan pornografi.
  3. Karya menggunakan media berukuran A4.
  4. Peserta wajib menambah Watermark pribadi pada karya masing-masing.
  5. Jika karya yang dibuat menggunakan referensi, wajib sertakan gambar referensi pada link dokumen dengan bentuk PDF dan dikumpulkan bersama karya.
  6. Peserta dilarang keras bekerjasama dengan orang/pihak lain.

D. Kriteria Penilaian

  1. Originalitas
  2. Kesesuaian tema
  3. Konsep ide desain
  4. Nilai estetika dan teknik yang digunakan
  5. Penyampaian dalam presentasi karya

E. Fasilitas

  1. Konsumsi yaitu berupa makan dan minum.
  2. Tempat yang memadai (peserta mendapatkan kursi, proyektor, mic, dan ruangan ber-AC).

F. Pelaksanaan Kegiatan

  1. Peserta mengikuti Technical Meeting pada 18 Januari 2025.
  2. Lomba dilaksanakan pada Jumat-Sabtu, 24-25 Januari 2025.
    • Kategori A (SMA/SMK/MA) pada Jumat, 24 Januari 2025.
    • Kategori B (Mahasiswa) pada Sabtu, 25 Januari 2025.
  3. Peserta wajib mengikuti tata tertib yang telah ditentukan selama perlombaan berlangsung.
  4. Penjurian akan dilakukan sesuai dengan ketentuan penilaian yang telah ditentukan hasil dari penjurian tidak dapat diganggu gugat.
  5. Pada saat lomba Youth Fest #13 berlangsung, peserta akan melaksanakan prosedur kegiatan yang sudah tertera sesuai prosedur rencana awal :
    • Peserta akan diberikan denah parkir dan menuju ruangan.
    • Setelah parkir peserta akan melakukan daftar ulang.
    • Peserta setelah melakukan daftar ulang bisa melihat pameran karya dari setiap peserta.
    • Setelah puas melihat pameran peserta bisa duduk menunggu acara dimulai.
    • Pengumuman pemenang akan dilakukan secara offline pada 24-25 Januari 2025 setelah presentasi.
  6. Pembagian Awarding akan dilaksanakan pada tanggal 24-25 Januari 2025.

G. Denah Lokasi

H. Tata Tertib Technical Meeting

  1. Peserta wajib mengikuti technical meeting yang dibagikan ke grup peserta.
  2. Peserta diharapkan tetap kondusif selama technical meeting berlangsung.
  3. Peserta diharapkan selalu on cam selama technical meeting berlangsung dan menggunakan virtual background Youth Fest #13.
  4. Peserta wajib menggunakan Virtual Background yang telah disediakan panitia.
    Download virtual background di sini :
  5. Peserta wajib mengubah nama akun dengan format :
    NamaLengkap_AsalSekolah/AsalUniversitas
    (Contoh: SyafiqAryansyah_SMAN1Semarang).
  6. Sesi tanya jawab akan dibuka saat dipersilahkan oleh host technical meeting.
  7. Saat ingin bertanya, peserta diwajibkan untuk raise hand terlebih dahulu atau peserta dapat mengetik pertanyaan pada kolom komentar.
  8. Peserta yang melakukan aksi spam, menggunakan ujaran kebencian, SARA, politik, atau melecehkan peserta maupun panitia lain akan dikeluarkan dari technical meeting.

I. Tata Tertib Lomba

  1. Peserta wajib hadir 15 menit sebelum daftar ulang di meja tamu (08.35)
  2. Peserta diharapkan duduk tenang untuk memperhatikan seminar
  3. Peserta melakukan persiapan untuk presentasi hasil karya
  4. Peserta tetap kembali ke ruangan setelah ishoma selesai
  5. Peserta dilarang membawa senjata tajam, alcohol, narkoba, vape/rokok.
    Berikut adalah ketentuan pelanggaran dalam lomba nasional Youth Fest #13
  6. Pengurangan -10 poin pada penilaian untuk sanksi ringan.
  7. Pengurangan -15 poin pada penilaian untuk sanksi sedang.
  8. Diskualifikasi dan tidak mendapatkan sertifikat partisipasi Youth Fest # 13 untuk sanksi berat) ATAU sertifikat dicabut jika terdapat bukti.

Contact Person

id_IDIndonesian