Dinus Fest 2020

LOMBA CIPTA KREASI PASKIBRA KAMPUS UDINUS (LOPTASIKU)

PETUNJUK PELAKSANAAN (LOPTASIKU IV)

I. Pendahuluan
Dalam rangka melaksanakan program bidang Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, khususnya Korps Paskibra sebagai sosok generasi muda yang tangguh fisik dan mental serta berbudi pekerti luhur. Maka kami bermaksud menyelenggarakan Lomba Cipta Kreasi PASKIBRAKU SMA/SMK/MA/Sederajat se-Jawa Tengah di UDINUS pada tanggal 19 Januari 2020 yang menjadi bagian dalam rangkaian acara DinusFest 2020. Dan demi kelancaran jalannya acara diperlukan ketentuan-ketentuan yang harus diikuti dan dipatuhi oleh pihak yang ikut serta dalam lomba ini tanpa terkecuali.

II. Nama Kegiatan
“LOPTASIKU IV (Lomba Cipta Kreasi Paskibra Kampus Udinus) tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat se-Jawa Tengah”

III.Tema Kegiatan
“Satu Jiwa Satu Langah Satu Tujuan Menuju Generasi Emas”

IV. Jenis Kegiatan
1. LPBB (Lomba Peraturan Baris Berbaris)
2. VarFor ( Variasi Formasi )
3. Danton
4. Best Costume
5. Kejuaraan Team TerFavorit

V. Trophy Yang Diperebutkan
1. Juara Umum ( Trophy Rektor Bergilir+ Piagam + Medali)
2. Juara Utama 1 (Trophy Tetap+Beasiswa+Piagam+Uang Pembinaan )
3. Juara Utama 2 (Trophy Tetap+Beasiswa+Piagam+Uang Pembinaan )
4. Juara Utama 3 (Trophy Tetap+Beasiswa+Piagam+Uang Pembinaan )
5. Juara Harapan 1 ( Trophy Tetap+ Piagam)
6. Juara Harapan 2 ( Trophy Tetap+ Piagam)
7. Juara Harapan 3 ( Trophy Tetap+ Piagam)
8. Juara Madya 1 ( Trophy Tetap+ Piagam)
9. Juara Madya 2 ( Trophy Tetap+ Piagam)
10. Juara Madya 3 ( Trophy Tetap+ Piagam)
11. Juara PBB 1 ( Trophy Tetap+ Piagam)
12. Juara PBB 2 ( Trophy Tetap+ Piagam)
13. Juara PBB 3 ( Trophy Tetap+ Piagam)
14. Juara Variasi 1 ( Trophy Tetap+ Piagam)
15. Juara Variasi 2 ( Trophy Tetap+ Piagam)
16. Juara Variasi 3 ( Trophy Tetap+ Piagam)
17. Juara Formasi 1 ( Trophy Tetap+ Piagam)
18. Juara Formasi 2 ( Trophy Tetap+ Piagam)
19. Juara Formasi 3 ( Trophy Tetap+ Piagam)
20. Juara Danton 1 ( Trophy Tetap+ Piagam + Uang Pembinaan )
21. Juara Danton 2 ( Trophy Tetap + Piagam + Uang Pembinaan )
22. Juara Danton 3 ( Trophy Tetap + Piagam + Uang Pembinaan )
23. Juara Best Costume ( Trophy Bergilir + Piagam+ Uang Pembinaan)
24. Juara Favorit ( Trophy Tetap + Piagam)

VI.Pelaksanaan Perlombaan
Ketentuan Pokok Lomba Peraturan Baris-Berbaris :
1. Jumlah anggota tiap pasukan adalah 16 orang ( 15 pasukan inti dengan 1 orang danton pasukan ).
2. Peraturan PBB yang dinilai adalah mengacu pada PERPANG NO. 46 TAHUN 2014.
3. Peserta melaksanakan gerakan sesuai dengan ketentuan aba-aba dari panitia. Untuk gerakan variasi dan formasi, sesuai dengan kreativitas dari sekolah. Saat formasi dibebaskan menggunakan tema sesuai dengan kreativitas masing-masing pangkalan dan disalah satu variasi diharuskan menggunakan kalimat “DINUS POLKE (Jempol Oke) “.
4. Anggota setiap pasukan terdiri dari putra, putri, atau campuran.
5. Penggantian anggota pasukan : dapat dilaksanakan maksimal saat daftar ulang yaitu pada saat hari H dan melaporkan kepada panitia untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan..
– Penggantian dapat dilakukan apabila anggota pasukan tidak memungkinkan untuk tampil.
– Anggota pengganti adalah cadangan ( diwajibkan disertai surat tugas sekolah ).
6. Danton langsung memasuki kotak danton.
7. Danton tidak perlu laporan kepada dewan juri.
8. Perhitungan waktu dan penilaian dimulai saat aba-aba pertama.
9. Waktu diakhiri pada saat danton keluar dari kotak danton.
• Peluit pertama (1x): aba-aba pertama
• Peluit kedua (2x) : waktu kurang 3 menit
• Peluit ketiga (3x) : waktu selesai
10. Pasukan tidak boleh melewati/menginjak garis batas lapangan. Jika melewati/menginjak garis akan dikenai pengurangan nilai 75 point (dari total nilai Akhir)
11. Waktu tampil disediakan 10 menit.
12. Waktu penilaian Costume 7 menit dan sesi Foto 4 menit.
13. Peserta dari Basecamp menuju ke tempat penilaian costume di Ruang Galeri Gedung H lantai 1 UDINUS

a. Pakaian / Seragam Lomba
1. Pakaian yang digunakan pada saat lomba menggunakan Pakaian Dinas Harian / Dinas Umum Kebesaran masing – masing sekolah dengan tidak mengurangi kesopanan, kerapian, kekompakam, dan keseragaman.
2. Keseragaman yang dimaksud diatas adalah perlengkapan / atribut yang digunakan anggota pasukan satu dengan lainnya sama, demikian pula warna dan perlengkapan lain di kenakan.
3. Setiap pasukan dibebaskan untuk berkreasi mengenai Costume.

b. Juri, Asisten Juri, dan Juri Pembantu
1. Dewan Juri LOPTASIKU IV 2020
• PBB,VARFOR,DANTON :3 orang anggota RINDAM IV SECABA DIPONEGORO MAGELANG, JAWA TENGAH
• COSTUME : 3 orang Alumni PASKIBRAKU
• FAVORIT : 3 orang Alumni PASKIBRAKU
2. Asisten juri adalah panitia yang telah ditunjuk untuk membantu juri menulis koreksi secara detail.
3. Juri pembantu adalah panita yang telah ditunjuk untuk membantu juri dalam penilaian yang meliputi waktu, juri DP, hakim garis, administrasi dan kesalahan / koreksi.

c. Daftar Ulang
1. Daftar ulang dilakukan oleh pasukan / perwakilan sesuai dengan surat tugas sekolah ,Di depan Masjid UDINUS Gedung G, jam 05.30 – 06.30
2. Daftar ulang dilakukan dua kali pada saat Technical Meeting dan waktu pelaksanaan.
3. Nomor peserta, cocard, dan kupon konsumsi akan diberikan pada saat daftar ulang pada hari H.

d. Apel Pembukaan
1. Seluruh peserta wajib mengikuti Apel pembukaan. ( Untuk no.undi 1 & 2 diwakilkan oleh pasukan yang tidak mengikuti lomba ) dengan menggunakan pakaian Osis lengkap.
2. Peserta yang telah datang diwajibkan melapor kepada panitia.
3. Pakaian upacara diwajibkan pakaian / seragam sekolah ( PSAS/OSIS ).

e. Kreasi Variasi Dan Formasi
1. KREASI Variasi yang ditampilkan dibebaskan untuk memasukan unsur PBB/Puisi/Nyanyian/Yel-yel/Budaya.

VII. Persyaratan Peserta Lomba
a) Setiap pangkalan dapat mengirimkan maksimal 2 ( dua ) pasukan.
b) Satu pasukan terdiri dari 16 orang ( sudah termasuk pemimpin pasukan ) Menyerahkan formulir pendaftaran dan surat-surat rekomendasi sekolah.
c) Membayar biaya pendaftaran Rp. 300.000 per tim.
d) Pas foto 3×4 berwarna merah, 1 lembar dan mengumpulkan 1 lembar foto copy kartu pelajar yang masih berlaku.
e) Peserta harus menyerahkan berkas pendaftaran kepada panitia paling lambat pada saat Technical Meeting dengan menyerahkan persyaratan yang diwajibkan.
f) Bersedia menaati semua perarturan dan ketentuan dalam LOPTASIKU IV.

VIII. Fasilitas Lomba
a. Basecamp
b. Konsumsi makan siang peserta
c. Sertifikat seluruh peserta
d. Piagam bagi juara
e. Tanda Peserta

IX. Jadwal Kegiatan
TEKNIS PENDAFTARAN ONLINE
• Pendaftaran WAJIB melalui website festival.dinus.ac.id
• Pendaftaran online ini bersifat memesan quota.
• Persyaratan (Formulir, foto, uang pendaftaran, dsb) WAJIB diserahkan saat Technical meeting.
1. Technical Meeting dan Verivikasi Data
Hari / Tanggal : Sabtu, 4 Januari 2020
Waktu : 08.00 – selesai
Tempat :Ruang Rapat, Gedung G lantai 1 Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Jl. Imam Bonjol 207 Semarang)
2. Uji Coba Lapangan
Hari / Tanggal : Minggu, 12 Januari 2020
Pukul : 09.00 – 15.00 WIB
Tempat :Lapangan Gedung Rektorat Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Jl. Imam Bonjol 207 Semarang)
3. Pelaksanaan Lomba
Hari / Tanggal : Minggu, 19 Januari 2020
Pukul : 06.00 – selesai
Tempat :Lapangan Gedung Rektorat Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Jl. Imam Bonjol 207 Semarang)
Untuk keterangan lebih lanjut hubungi :
1. Rahma Eka : WA : 085725379322
Endah : WA : 08985585001
2. Email : paskibraku.dinus.org@gmail.com
IG : @paskibra.udinus
 Pendaftaran tetap dibuka sebelum memenuhi kuota 30 peserta dan ditutup apabila telah memenuhi kuota.
 TM wajib dihadiri oleh pembina/pelatih/official team dan danton (jika diwakilkan harus ada surat disposisi/surat disposisi/surat tugas dari sekolah). Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman informasi.

X. Penutup
Hal – hal yang belum tercantum dapat ditanyakan dalam technical meeting. Atas perhatian dan partisipasinya kami ucapkan terimakasih.

Download Juklak/Juknis

id_IDIndonesian