Dinus Application Competition (DINACOM) adalah sebuah kompetisi di bidang teknologi informasi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh UKM Dian Nuswantoro Computer Club (DNCC). Aplikasi yang dilombakan merupakan aplikasi berbasis berbasis apps (web apps, mobile apps, desktop apps) dan UI/UX.
Kompetisi ini ditujukan untuk pelajar. Tujuan diselenggarakan dinacom adalah untuk menguji kemampuan dan kreativitas dalam merealisasikan aplikasi yang berbasis web apps, mobile apps, desktop apps dan UI/UX yang mampu menjawab masalah yang terjadi di lingkungan sekitar.
Peserta Dinacom berkompetisi secara individu maupun kelompok melalui tiga tahap yaitu: tahap pertama seleksi proposal dan produk, tahap kedua yaitu semifinal dan tahap terakhir final presentasi karya yang dimana keseluruhan tahap dilaksanakan secara online.
TIMELINE ACARA
PETUNJUK LOMBA
Informasi Lomba
Tema yang diusung adalah “Striving the New Normal With Tech Innovation ”
Bidang Lomba
- Application
Deskripsi : Semua produk inovasi aplikasi berbasis web apps, mobile apps, dan desktop apps dengan ide yang telah ditentukan sesuai tema dinacom 2022. - UI/UX
Deskripsi : Semua produk inovasi UI/UX aplikasi yang telah ditentukan sesuai tema dinacom 2022.
Persyaratan Peserta
- Peserta melakukan prosedur pendaftaran awal pada website resmi dinusfest 2022 festival.dinus.ac.id dan melengkapi data pendaftaran dengan benar.
- Peserta melakukan prosedur pendaftaran ulang pada website resmi Dinacom 2022 dinacom.dinus.ac.id dan melengkapi data pendaftaran dengan benar.
- Peserta yang tidak memenuhi persyaratan pendaftaran sampai waktu yang telah ditentukan akan dinyatakan gugur.
- Peserta dapat mengikuti lomba secara individu maupun tim yang terdiri dari 2 – 3 orang.
- Peserta berstatus siswa SMA atau SMK aktif
- Setiap kelompok diperbolehkan dari sekolah yang berbeda
- Keputusan juri dan panitia tidak dapat diganggu gugat.
- Panitia berhak mencabut gelar juara yang diperoleh tim apabila ditemukan kecurangan atau pelanggaran terhadap karya yang dilombakan ataupun terhadap aturan kompetisi.
- Panitia berhak mendiskualifikasi jika diketahui melakukan tindakan kecurangan ataupun pelanggaran terhadap aturan kompetisi
- Peserta mengumpulkan proposal produk, produk jadi, link video youtube, serta link instagram (twibbon).
Persyaratan Produk
- Persyaratan Umum Produk
- Penyimpangan dari syarat kepesertaan menyebabkan diskualifikasi.
- Produk harus bersifat otentik dan belum pernah menjuarai lomba sebelumnya.
- Produk yang diikutsertakan dalam kompetisi harus mempunyai ide sesuai dengan tema.
- Produk tidak menyinggung unsur SARA (Suku Agama Ras dan AntarGolongan) dan atau mengandung unsur pornografi.
- Hak kekayaan intelektual dari karya peserta saat kompetisi akan tetap menjadi hak peserta.
- Segala bentuk plagiarisme akan menyebabkan peserta didiskualifikasi.
- Keputusan Panitia DINACOM 2022 mutlak tidak dapat di ganggu gugat.
- Persyaratan Proposal Produk
- Halaman sampul (Berisi nama tim, asal instansi, dan icon aplikasi yang di lombakan).
- Halaman pernyataan dan lembar pengesahan (Lembar Pengesahan Sekolah).
- Daftar Isi
- BAB 1. PENDAHULUAN
Terdiri dari latar belakang, tujuan dan manfaat. Adapun latar belakang dijelaskan. Alasan pemilihan judul, gambaran proposal secara umum dan menjawab kompetensi sesuai tema yang ditentukan. - BAB 2. ISI
Terdiri dari ide dan metode. Pada bagian ide menyertakan rincian gambaran aplikasi yang akan dibuat dan menyertakan flowchart, context flow diagram, serta data flow diagram dan pada bagian metode, dijelaskan metode yang digunakan. Serta bahasa pemrograman dan aplikasi database yang digunakan. - BAB 3. PENUTUP
Berisi kesimpulan dari proposal program yang telah dibuat. - DAFTAR PUSTAKA
Daftar pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber.
- Persyaratan Video Produk
- Batas maksimal video adalah 10 menit
- Video berisi penjelasan produk dan cara penggunaan produk yang diikutsertakan dalam dinacom (untuk Apps)
- Video berisi prototype (desain aplikasi berjalan) yang diikutsertakan dalam dinacom (untuk UI/UX)
- Video diupload di youtube dengan memberikan tagar #dinacom2022 #udinus #dncc #dinusfest
- Persyaratan twibbon
- Tiap anggota kelompok wajib mengupload twibbon di instagram masing-masing.
- Twibbon di upload dengan format caption, seperti berikut :
DINACOM 2022
Nama :
Nama tim :
Deskripsi singkat produk
#dinacom2022 #udinus #dncc #dinusfest
- Persyaratan Pengumpulan Produk
- Peserta mengunggah file pada website dinacom.dinus.ac.id dengan format rar/zip yang berisi berkas dokumen tertulis (pdf) yang didalamnya memuat link aplikasi dari google drive atau dropbox, link video produk, dan link instagram (twibbon).
- Karya dikumpulkan dengan nama folder
Kategori_NamaTim_NamaAplikasi
Contoh: Apps_Horee_Ehoreei
Aspek Penilaian
Adapun Aspek Penilaian yang akan digunakan adalah:
- Orisinalitas
Deskripsi : Meliputi keaslian ide produk dan kesesuaian ide produk dengan tema. - Teknis
Deskripsi : Meliputi kesiapan produk berdasarkan debugging system,UI & UX produk, serta kemudahan dalam penggunaan aplikasi. - Social impact
Deskripsi : Meliputi manfaat produk bagi masyarakat. - Development
Deskripsi : Meliputi stabilitas (semua fitur dapat digunakan dengan semestinya), reliabilitas (kehandalan) serta metode pengembangan aplikasi. - Presentasi dan video
Deskripsi : Meliputi materi yang dibawakan, cara penyampaian materi, dan kesiapan menjawab pertanyaan dari juri.
Penjurian dan Pengumuman Hasil Penjurian
- Penjurian dilakukan berdasarkan evaluasi dokumen produk serta dokumen tertulis yang dikirimkan oleh peserta.
- Tim juri akan melakukan penilaian secara KOLEKTIF dari tiap-tiap kategori serta menentukan produk dari masing-masing kategori untuk menjadi nominasi yang berhak melaju ke Final.
- Pengumuman hasil penjurian akan diberitahukan melalui situs dinacom.dinus.ac.id .
- Peserta yang masuk final diizinkan melakukan pengembangan produk sebelum babak final.
Sesi Final
- Peserta akan mempresentasikan produknya di hadapan para juri pada tanggal 19 Februari 2022 secara online melalui zoom.
- Tim Juri akan melakukan penilaian secara TIM dengan mengisi formulir penilaian yang telah disediakan.
- Alokasi Waktu presentasi dan demo aplikasi adalah maksimal 7 (tujuh) menit dan maksimal tanya jawab 8 (delapan) menit.
- Tim yang masuk ke Final akan mempresentasikan produknya kepada juri dan peserta webinar.
- Pada saat Final berlangsung peserta webinar boleh bertanya kepada Tim yang sedang presentasi (Max 2 pertanyaan).
- Pengumuman juara akan dilaksanakan setelah acara webinar.
Prosedur Penilaian
- Tim Juri bertanggung jawab memberikan nilai kepada setiap produk dengan besaran 1 – 100 (1 adalah angka terkecil dan 100 adalah angka terbesar), dan tidak mempunyai angka pecahan.
- Aspek penilaian berupa nilai besaran dari 1 sampai 100 berdasarkan ketentuan yang ada.
- Nilai Akhir merupakan jumlah nilai dari seluruh aspek penilaian.
Download Juklak/Juknis dan Contoh form dokumen tertulis di sini