KETENTUAN UMUM

  1. Dinusfest (Dinus Festival) merupakan sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Dian Nuswantoro.
  2. Youthfest #10 adalah bagian dari rangkaian kegiatan Dinusfest yang diselenggarakan oleh jurusan Desain Komunikasi Visual FIK Universitas Dian Nuswantoro dengan mengadakan lomba fotografi dan workshop.
  3. Peserta adalah pihak-pihak yang telah medaftarkan diri sebagai peserta, dan tercatat oleh panitia.
  4. Dewan juri adalah pihak yang mempunyai kewenangan untuk memberikan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam lomba.
  5. Penilaian adalah hasil pengamatan dewan juri terhadap foto yang dikirimkan oleh peserta berdasarkan kriteria yang ditetapkan panitia.

 

KETENTUAN KHUSUS

  1. Peserta hanya diperbolehkan untuk mengirim hasil foto makanan dengan 3 angle yang berbeda.
  2. Peserta lomba wajib mengikuti workshop yang diadakan pihak panitia.

 

PETUNJUK PELAKSANAAN

  1. Peserta lomba adalah siswa SMA/SMK/MA atau sederajat seluruh Indonesia
  2. Peserta lomba adalah individu bukan kelompok (terdiri dari 1 orang)
  3. Setiap peserta mengirimkan foto makanan dengan 3 angle yang berbeda.
  4. Setiap peserta harus mengirimkan karya foto sesuai tema “Makanan Nusantara”.
  5. Panitia berhak menggunakan atau mempublikasikan karya yang masuk dengan tetap mencantumkan identitas peserta.
  6. Karya peserta merupakan karya perseorangan.
  7. Karya foto tidak boleh mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia: kesusilaan, moral, kekerasan dan tidak mengandung unsur pornografi, serta bertentangan dengan SARA (Suku, Agama, dan RAS).
  8. Hasil foto merupakan karya orisinil yang dapat dipertanggungjawabkan.
  9. Hasil foto belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam perlombaan lain.
  10. Pendaftaran lomba fotografi via link festival.dinus.ac.id, pada tanggal 14 Januari 2022 d 13 Februari 2022.
  11. Peserta wajib melakukan konfirmasi pada panitia setelah melakukan pendaftaran melalui CP (Contact Person):
    • Iva : 0895422563839
    • Laila : 081215565671
  12. Peserta lomba dikenakan biaya sebesar Rp.10.000,-.
  13. Pembayaran lomba bisa ditransfer melalui;
    • Nama Bank: Bank Jateng
    • Cabang: Udinus
    • Atas nama: Kemahasiswaan Udinus
    • No. Rek: 3099070268
    • Kode pembayaran: 11
    • Contoh : 10.011
  14. Pengumpulan karya foto dapat dikirim melalui link Google Drive yang akan diberikan setelah konfirmasi pembayaran.
  15. Pengumuman pemenang lomba akan diumumkan pada tanggal 19 Februari 2022 saatworkshop diadakan.

 

PETUNJUK TEKNIS

  1. Foto diambil menggunakan kamera DSLR/Mirrorles hanya (catatan: foto merupakan karya sendiri bukan karya orang lain).
  2. Peserta diperbolehkan melakukan editing hanya sebatas cropping.
  3. Karya paling lambat diterima pada tanggal 13 Februari 2022 melalui festival.dinus.ac.id.
  4. Karya foto tidak boleh mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia: kesusilaan, moral, kekerasan dan tidak mengandung unsur pornografi, serta bertentangan dengan SARA (Suku, Agama, dan RAS).
  5. Karya yang dilombakan merupakan karya asli peserta dan belum pernah diikut sertakan atau dipublikasikan untuk keperluan yang bersifat komersil serta harus bebas dari setiap kontrak atau ikatan lain.
  6. Apabila dikemudian hari terdapat gugatan hak cipta, pihak panitia tidak bertanggung jawab atas hal tersebut, panitia akan berasumsi bahwa seluruh hasil foto yang diikutsertakan merupakan karya orisinil peserta.
  7. Panitia berhak menggunakan karya untuk keperluan publikasi.
  8. Ketentuan karya foto:
    • Format: JPEG/JPG
    • Resolusi: Full HD
    • Ukuran: Potrait/Landscape
  9. Peserta diwajibkan mengumpulkan file dalam bentuk docx/pdf dengan format :
    • Penjelasan konsep dan deskripsi singkat mengenai makanan dengan maksimal 140 karakter
    • Media yang dipakai : (Kamera/hp)
    • Metdata/Exif : (dalam bentuk screenshoot)
  10. Semua file foto dan deskripsi dikumpulkan dalam bentuk (.rar) dengan format nama: Hasil Foto_YF_Nama Peserta_Asal Sekolah.
  11. Karya foto yang masuk terlambat langsung dinyatakan gugur.

 

PENILAIAN

Penilaian dewan juri didasarkan pada aspek berikut:

  • Orisinalitas
  • Konsep ide foto
  • Kesesuaian tema
  • Pesan yang disampaikan

 

PENJURIAN

  1. Dewan juri ditentukan oleh panitia Youthfest #10 Dinusfest 2022.
  2. Semua hasil foto akan dinilai dan diputuskan oleh dewan juri.
  3. Keputusan dewan juri tidak bisa di ganggu gugat.

 

KETENTUAN PENUTUP

Ketentuan ini berlaku dan mengikat seluruh peserta sejak ditetapkan

 

INFO LEBIH LANJUT

Contact Person :

Iva : 0895422563839

Laila : 081215565671

  1. Instagram HM DKV UDINUS: @dkvudinus
  2. Website festival.dinus.ac.id
id_IDIndonesian