DN.ROBOCO
DINUS ROBOTIC COMPETITION
ROBOT SOCCER
A. PESERTA KEGIATAN
Kompetisi Robot Soccer ini dapat diikuti oleh Siswa SMA/SMK/Sederajat seluruh Indonesia. Peserta terbentuk dalam satu tim yang terdiri dari maksimal 2 robot, minimal 1 robot dengan 2 orang dari institusi yang sama serta 1 pendamping.
B. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
- Technical Meeting
Tanggal: 17 Januari 2023
Waktu: 08:00 WIB – Selesai
Tempat: ZOOM - Pelaksanaan
Tanggal: 24-25 Januari 2023
Waktu: 06:30 WIB – Selesai
Tempat: Aula Gedung E Lt. 3 Universitas Dian Nuswantoro
C. BIAYA PENDAFTARAN
- Biaya pendaftaran yang harus dibayar adalah Rp. 75.000,- per tim.
- Pembayaran lomba bisa ditransfer melalui;
- Nama Bank: Bank Jateng
- Cabang: Udinus
- Atas nama: Kemahasiswaan Udinus
- No. Rek: 3099070268
- Kode pembayaran: 19
- Contoh : 150.019
D. PERSYARATAN
- Peserta merupakan Warga Negara Indonesia
- Peserta adalah pelajar SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat aktif dalam satu institusi (dibuktikan dengan Kartu Pelajar atau surat yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah Siswa dari institusi tersebut yang dikeluarkan oleh institusi yang bersangkutan).
- Setiap tim maksimal terdiri dari 2 orang + 1 orang pendamping.
- Peserta diwajibkan lolos syarat administrasi yaitu mengisi form pendaftaran pada website yang sudah tersedia.
- Robot dan perlengkapan disiapkan oleh masing-masing peserta, disarankan untuk membawa perlengkapan seperlunya. (Misal: obeng, solder, laptop, sparepart, kabel rol, dsb.)
- Panitia tidak bertanggung jawab atas kerusakan robot sebelum, saat, dan sesudah perlombaan.
- Peserta wajib menjaga kebersihan arena pertandingan.
- Panitia tidak menjamin tidak adanya interferensi cahaya dari luar.
- Dilarang keras berbicara kotor, memicu perkelahian, dan jika terbukti melakukannya maka tim tersebut akan dikenai sanksi.
- Peserta menggunakan pakaian rapi, sopan dan diwajibkan untuk bersepatu. Peserta diwajibkan menggunakan ID card peserta di hari lomba berlangsung.
- Peserta dilarang keras membawa senjata tajam
E. PROSES PENDAFTARAN
- Buka halaman di “festival.dinus.ac.id”
- Kemudian pilih event DN.ROBOCO (Dinus Robotic Competition) Robot Soccer
- Isi form pendaftaran.
- Konfirmasi pendaftaran ke CP POSTER dengan format, Nama Instansi_Nama Tim_Kategori
(Contoh: Udinus_Tim Rajawali_Robot Soccer). - Biaya registrasi dibayarkan secara transfer pada rekening yang disediakan
F. SPESIFIKASI ROBOT
- Dimensi robot maksimum:
- Panjang : 20 cm
- Lebar : 20 cm
- Tinggi : 12 cm , diukur dari permukaan tanah
- Robot dikontrol menggunakan smartphone/joystick (wireless) oleh operator (anggota tim.)
- Robot tidak boleh merusak lintasan.
- Hanya boleh mempertandingkan maksimal 2 robot dalam pertandingan. Robot cadangan maksimal 1 (optional).
- Peserta membawa baterai sendiri.
- Baterai yang digunakan maksimal 12 volt.
- Berat robot maksimal 2 Kg.
- Robot diperbolehkan buatan sendiri dan boleh menggunakan kit pabrikan
- Jenis dan jumlah aktuator atau motor dc yang digunakan oleh robot tidak dibatasi.
- Robot dilarang memecahkan diri menjadi bagian yang lebih kecil atau menjatuhkan benda apapun di dalam arena.
- Apabila poin di atas dilanggar maka akan dikenakan sanksi.
- Robot di perbolehkan menggunakan penendang atau pun tidak .
- Robot dilarang keras menggunakan desain yang ada pencapit .
G. KUALIFIKASI LOMBA
Kualifikasi lomba untuk kategori Tingkat SMA/ SMK/MA/MAK/Sederajat Seluruh Indonesia adalah sebagai berikut :
- Babak Knockout. Babak ini menggunakan sistem gugur dan menggunakan sistem satu kali tanding dengan durasi 2×5 menit.
- Babak Final. Pada Babak Final ini menggunakan sistem gugur dengan durasi 2×7 menit
H. TATA TERTIB PESERTA
- Setiap peserta harus mentaati peraturan yang sudah diberlakukan oleh panitia.
- Semua peserta harus melakukan daftar ulang sebelum pertandingan, dengan membawa, kartu Pelajar atau Surat Keterangan Siswa Aktif dari sekolah.
- Apabila peserta yang bertanding belum melakukan registrasi ulang, maka akan di diskualifikasi saat pertandingan tersebut.
- Peserta diwajibkan untuk tidak melakukan kecurangan apapun dalam pertandingan.
- Peserta harus menjaga kebersihan lingkungan.
- Peserta dilarang membawa senjata tajam saat bertanding (pisau,gunting, dll).
- Dilarang merokok/vape/ dan sejenisnya diarena perlombaan
I. PERATURAN LOMBA DAN SISTEM PERTANDINGAN
- Sebelum bertanding
- Sebelum registrasi alat alat yang dibutuhkan segera dipersiapkan
- Peserta harus melakukan registrasi ulang dengan membawa kartu Pelajar atau Surat Keterangan Siswa Aktif dari sekolah.
- Setelah melakukan registrasi peserta tidak diperbolehkan untuk keluar masuk tanpa izin panitia
- Robot soccer peserta lomba dari masing – masing tim akan dikarantina terlebih dahulu oleh panitia untuk dilakukan test spesifikasi, dan akan dikembalikan saat akan bertanding.
- Peserta membawa perlengkapan tools (tang, obeng, sparepart, alat pemrogram dan sebagainya) sendiri, disarankan membawa seperlunya saja.
- Kerusakan robot sebelum bertanding bukan merupakan tanggung jawab panitia.
- Selama berlangsungnya pertandingan diharapkan tertib dan tidak mengganggu peserta lain.
- Sebelum bertanding peserta diwajibkan untuk melakukan regristrasi ulang lomba di meja panitia.
- Selama bertanding
- Peserta dianjurankan saling berjabat tangan sebelum pertandingan.
- Robot harus berada di sudut lapangan sebelum pertandingan dimulai oleh wasit dengan meniup peluit.
- Tiap tim maksimal ada 2 orang dari anggota tim dalam arena pertandingan.
- Bola yang masuk gawang karena pantulan dinding tidak dianggap Gol.
- Perlombaan selesai apabila waktu yang telah ditentukan telah habis.
- Apabla hasil imbang akan diadakan perpanjangan waktu, jika mendapatkan hasil imbang lagi maka dilanjut dengan adu tendangan penalty dilakukan dari titik tengah lapangan
- Setelah Perlombaan
- Peserta dianjurankan saling berjabat tangan setelah pertandingan.
- Peserta yang kalah dianjurkan untuk tetap berpartisipasi dalam acara
J. SISTEM PERTANDINGAN
- Setiap tim mengambil undian nomor pertandingan secara random pada saat melakukan registrasi ulang di hari pertama pelaksanaan kompetisi (24 Januari 2023)
- Sistem permainannnya dengan konsep bracket pertandingan berdasarkan nomor undian yang didapat
K. BABAK PERTANDINGAN
- Babak Knock Out
- Babak Knock Out Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat Seluruh Indonesia dilakukan dengan sistem sekali tanding.
- Peserta diberikan waktu 1 menit bagi semua tim untuk free trial lapangan.
- Robot dianggap mencetak skor apabila bola masuk kegawang lawan (Bola yang masuk gawang karena pantulan dinding tidak dianggap Gol)
- Pada Knock out akan diambil tim dengan skor terbesar, sebagai pertimbangan untuk melaju kebabak selanjutnya.
- Apabla hasil imbang akan diadakan perpanjangan waktu 2x2menit, jika mendapatkan hasil imbang lagi maka dilanjut dengan adu tendangan penalty sebanyak lima kali dari tengah lapangan
- Babak Final
- Babak Final Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat Seluruh Indonesia dilakukan dengan sistem sekali tanding.
- Peserta diberikan waktu 30 detik bagi semua tim untuk free trial lapangan, 2×5 menit untuk waktu pertandingan. 2×7 menit untuk pertandingan final
- Robot dianggap mencetak skor apabila bola masuk kegawang lawan (Bola yang masuk gawang karena pantulan dinding tidak dianggap Gol)
- Babak penentuan dilakukan dengan system tanding, pemenang ditentukan dengan perolehan skor tertinggi.
- Apabila terdapat hasil imbang maka akan diadakan tambahan waktu 2×3 menit.
- Apabila dari poin 5 masih imbang maka akan diadakan adu tendangan Penalty sebanyak 5 kali, dilakukan dari tengah lapangan
- Dalam Babak Final ini akan diambil pemenang Juara 1, Juara 2 dan Juara 3.
L. PELANGGARAN DAN SANKSI
- Diskualifikasi
- Jika nama tim dipanggil tiga kali dalam 60 detik dan tidak ada respon maka tim tersebut akan didiskualifikasi.
- Apabila merusak lintasan.
- Memicu perkelahian anatar peserta selama acara berlangsung.
- Peringatan berupa teguran langsung dari panitia
- Apabila berkata menyinggung lawan.
- Mebuat keributan antar peserta selama acara berlangsung.
- Retry
Keputusan melakukan retry (meletakkan robot pada posisi tepat di samping gawang) ada di tangan peserta jika merasa perlu. Retry boleh dilakukan jika dalam kondisi- Robot terhenti selama 10 detik atau lebih.
- Bila robot tersangkut selama 5 detik.
- Jumlah retry tidak dibatasi.
- Retry dapat dilakukan setelah mendapat persetujuan dari juri lapangan (dengan mengangkat tangan terlebih dahulu).
- Pelanggaran
- Mengganggu peserta lain yang sedang bertanding.
- Start dengan bantuan yang tidak disetujui wasit.
- Mencuri start.
- Pemain memasuki arena tanpa persetujuan wasit.
- Pergantian pemian saat bertanding tanpa persetujuan wasit.
- Jika melanggar peraturan di atas maka akan dapat peringatan, dan jika sudah peringatan 3 kali maka pemain akan di keluarkan dari game (per individu)
- Jika melakukan retry tanpa persetujuan juri lapangan atau melakukan retry tanpa mengangkat tangan terlebih dahulu Apabila melanggar maka tendangan bebas diberikan kepada lawan.
M. ATURAN TAMBAHAN
- Aturan yang belum ditetapkan di atas akan ditetapkan kemudian
- Peserta diwajibkan mengikuti technical meeting (TM)
- Keputusan Tim Juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, apa lagi tim tersebut tidak mengikuti TM (tim yang tidak mengikuti TM harus mau menerima kesepakatan TM).
JUKLAK & JUKNIS (ROBOT SOCCER) DN.ROBOCO