CERDAS  CERMAT  IT

A. Persyaratan Peserta

  1. Peserta merupakan pelajar kelas 10 – 12 SMA/SMK/MA di Jawa Tengah.
  2. Pendaftaran dilakukan dengan cara melakukan pendaftaran di website http://festival.dinus.ac.id yang berisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.
  3. Lomba bersifat individu.
  4. Setiap perwakilan sekolah mengirimkan siswa/siswinya maksimal 7 orang, serta 1 pendamping.
  5. Melampirkan persyaratan administrasi seperti : Fotokopi kartu pelajar masing – masing 1 buah per-orang dan surat ijin / rekomendasi dari pihak sekolah.
  6. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 25.000/orang. Untuk proses pembayaran bisa konfirmasi di Contact Person yang tersedia.
  7. Kuota Peserta Terbatas.

B. Fasilitas

  1. ID Card
  2. Sertifikat
  3. Snack
  4. Makan Siang
  5. Souvenir

C. Pelaksanaan Kegiatan

  1. Peserta akan diundang ke Universitas Dian Nuswantoro untuk melakukan Technical Meeting pada tanggal 19 Januari 2019 di gedung D (Kampus I jalan Nakula no. 5-11 Semarang Pukul 09.00-Selesai).
  2. Lomba dilaksanakan pada Hari Selasa, 22 Januari 2019
  3. Pelaksanaan lomba mulai pukul 07.30 – Selesai WIB.
  4. Tempat Kegiatan di Aula gedung E lantai 3 Universitas Dian Nuswantoro
  5. Peserta diharapkan membawa alat tulis. Untuk media lomba lainnya sudah disiapkan Panitia.
  6. Perlombaan Cerdas Cermat IT terdiri dari 2 babak, yaitu :
  1. Babak Penyisihan :

      Babak Peyisihan terdiri dari 2 sesi :

1. Sesi Pertama

  1. Di sesi pertama ini peserta akan diberikan soal yang berbentuk pilihan ganda (A,B,C). Dengan memilih jawaban yang tepat.
  2. Jawaban benar bernilai 2 point dan jawaban salah bernilai -1 Point dan tidak menjawab bernilai 0 point. Minimal Nilai terendah adalah 0 Point
  1. Setelah soal dibacakan, peserta diberi waktu untuk menjawab soal, setelah itu diperkenankan mengangkat kertas jawaban.
  2. Peserta yang telah mengangkat kertas jawaban tidak diperkenankan mengubah jawaban.
  3. Jika ada peserta dengan point yang sama, maka akan ada sesi tambahan kepada peserta tersebut
  4. pada sesi ini diambil 50% dari jumlah peserta dengan nilai terbanyak untuk dapat melanjutkan ke sesi berikutnya.

2. Sesi Kedua

  1. Pada sesi ini, peserta diberikan soal berupa 3 pernyataan lalu peserta memilih jawaban yang sesuai dengan ketentuan berikut:
    • Semua Pernyataan benar
    • Pernyataan 1 dan 2 benar.
    • Hanya pernyataan 3 yang benar.
    • Tidak ada pernyataan yang benar.
  2. Jawaban benar bernilai 2 point, jawaban salah bernilai -1 point dan jika tidak di jawab bernilai 0. Nilai pada tahap sebelumnya tidak berpengaruh pada tahap ini.
  3. Setelah soal dibacakan, peserta diberi beberapawaktu untuk menjawab soal, setelah itu diperkenankan mengangkat jawaban.
  4. Peserta yang telah mengangkat jawaban tidak diperkenankan mengubah jawaban.
  5. Jika ada peserta dengan point yang sama, maka akan diadakan sesi tambahan kepada peserta tersebut.
  6. Diambil 10 peserta dengan nilai terbanyak untuk masuk di Babak Final.

2. Babak Final

Babak Final terdiri dari 2 tahap :

  1. Tahap Pertama
    1. Peserta diberikan modal poin sebesar 20 (Point di babak penyisihan sudah tidak di gunakan lagi)
    2. Diberikan soal pilihan ganda (A,B,C) jika jawaban benar point yang didapat peserta tergantung dari point yang peserta pertaruhkan (point max. 50% dari point yang dimiliki)
    3. Soal berjumlah 10 buah.
    4. Diambil 5 peserta dengan point tertinggi ke tahap terakhir. Jika ada peserta dengan point yang sama, maka akan ada sesi tambahan kepada peserta tersebut
  2. Tahap Terakhir
    1. Soal berjumlah 10 buah.
    2. Diberikan soal pilihan ganda (A,B,C) menggunakan media komputer yang sudah disediakan oleh panitai.
    3. Jika jawaban benar point yang didapat peserta tergantung dari point yang peserta pertaruhkan (taruhan point max. 100% dari point yang dimiliki dari tahap sebelumnya)
    4. Diambil 3 peserta dengan point tertinggi untuk menjadi juara 1, 2 dan 3.
    5. Jika ada peserta dengan point yang sama, maka akan ada sesi tambahan kepada peserta tersebut.
    6.  

D. Ruang Lingkup Materi

  • Sejarah Teknologi
  • Office
  • Desain
  • Android
  • AI
  • Web
  • Jaringan

E. Tata Tertib Lomba

  1. Peserta lomba datang ke tempat pelaksanaan 30 menit sebelum acara perlombaan dimulai dengan menggunakan pakaian seragam sekolah masing – masing.
  2. Peserta lomba tidak diperkenankan meninggalkan area pelaksanaan lomba tanpa seizin panitia.
  3. Selama lomba berlangsung, peserta dilarang bekerjasama dengan peserta lain.
  4. Jika waktu perlombaan selesai semua kegiatan lomba dihentikan.
  5. Ketentuan pemenang sudah menjadi tanggung jawab Panitia dan Juri, dan tidak dapat diganggu gugat
  6. Peserta harus menaati segala peraturan yang berlaku.

F. Hadiah

Pemenang lomba Cerdas Cermat IT mendapatkan penghargaan berupa :

Juara 1 Rp. 750.000; + Trophy + Piagam penghargaan + Voucher Beasiswa Universitas Dian Nuswantoro
Juara 2 Rp. 500.000; + Trophy + Piagam penghargaan + Voucher Beasiswa Universitas Dian Nuswantoro
Juara 3 Rp. 300.000; + Trophy + Piagam penghargaan + Voucher Beasiswa Universitas Dian Nuswantoro

BISNIS TIK

A. Persayaratan Peserta

  1. Peserta merupakan pelajar kelas 10 – 12 SMA/SMK/MA di Jawa Tengah.
  2. Pendaftaran dilakukan dengan cara melakukan pendaftaran di website http://festival.dinus.ac.id yang berisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.
  3. Lomba bersifat Kelompok / Tim, 1 Tim terdiri dari 3 orang.
  4. Setiap sekolah maksimal mengirimkan 2 Kelompok/Tim, serta 1 pendamping.
  5. Melampirkan persyaratan administrasi seperti : Fotokopi kartu pelajar masing – masing 1 buah per-orang dan surat ijin / rekomendasi dari pihak sekolah.
  6. Pendamping diperkenankan untuk menemani Kelompok/Tim pada hari berlangsungnya acara
  7. Biaya pendaftaran sebesar 30.000/ Tim. Untuk proses pembayaran bisa konfirmasi di Contact Person yang tersedia.
  8. Proposal yang dikirimkan merupakan karya orisinil dan belum pernah memenangkan perlombaan apapun
  9. Tema proposal adalah “Menciptakan ide teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat”
  10. Setiap Kelompok/Tim Wajib mengirimkan proposal Bisnis TIK sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
  11. Peserta dapat mengirimkan berkas pitch deck dalam format .pdf dengan rincian template:
    • Title/name of product
    • Problem
    • Solution
    • Customer target
    • Market section
      • Market validation
      • Market size
      • Market share
      • Competitor
    • Bussiness model
    • Design prototype
    • Advantages
    • Team

12. Template pitch deck dapat diunduh mulai tanggal 17 Desember 2018 pada link: bit.ly/templatebisnisTIK_ITC2018

13. Pitch Deck dikirimkan dalam bentuk PDF lalu dikompresi sebagai RAR/ZIP kirim via email ke hmti@gmail.comdengan format nama sebagai berikut :  ITC_BT_[JUDUL_PRODUK]_[ASAL_SEKOLAH]

14. Pitch Deck maksimal berisi 15 halaman

15. Hak Kekayaan Intelektual dari peserta tetap akan menjadi hak dari peserta.

16. Tim yang lolos tahap selanjutnya, wajib datang pada Technical Meeting dan hari berlangsungnya acara.

17. Kuota Peserta Terbatas.

B. Fasilitas

  1. ID Card
  2. Sertifikat ( Bagi yang tidak lolos tahap selanjunya, akan mendapatkan sertifikat online via email )
  1. Makan siang

C. Sistem Penilaian

Tahap Penyisihan

Berikut rincian dari kriteria penilaian dari proposal yang disubmisikan:

NO

Kriteria

Keterangan

1

Kesesuaian Judul

Kesesuain antara judul dengan isi dan kesesuaian antara judul dengan tema diperhitungkan dalam lomba ini.

2

Ide Karya

Mempunyai ide yang kreatif dan mampu diimplementasikan di kemudian hari. Bersifat orisinal atau tidak plagiasi.

3

Model bisnis

Bagaimana bentuk dan cara menjalankan bisnin.

4

Sistematis

Bagaimana tentang kerapian proposal serta kemenarikan dari desain.

 

 

Tahap Final

Berikut rincian dari kriteria penilaian pemaparan presentasi dari peserta:

NO

Kriteria

Keterangan

1

Produk

–          Memaparkan dengan jelas tentang produk yang dipresentasikan

–          Produk mencakup : orisinal, menarik, mempunyai daya yang tinggi.

2

Pasar

–          Mampu mengenali target pasar.

–          Menyesuaikan kebutuhan konsumen

–          Mengetahui pesaing

3

Strategi

–          Target pemasaran

–          Bisnis model yang dilaksanakan

4

Presentasi

–          Sikap saat presentasi.

–          Kejelasan saat menuangkan presentasi.

–          Bersifat persuasif menarik perhatian.

D. Pelaksanaan Kegiatan

  1. Peserta akan diambil dari 10 tim pengirim proposal terbaik untuk ke tahap selanjutnya.
  2. Peserta yang lolos akan diundang ke Universitas Dian Nuswantoro untuk melakukan Technical Meeting.
  3. Lomba dilaksanakan pada Hari Selasa, 22 Januari 2019 4.
  4. Pelaksanaan lomba mulai pukul 11.00 – Selesai WIB.
  5. Tempat Kegiatan di Aula gedung E lantai 3 Universitas Dian Nuswantoro
  6. Berikut Timeline Lomba Bisnis TIK :
    TANGGAL DESKRIPSI
                                                               TAHAP 1
    26 November 2018 – 15 Januari 2019 Pendaftaran Lomba Bisnis TIK
    15 Januari 2019 Batas Akhir Pengumpulan Proposal
    15-17 Januari 2019 Penyeleksian Proposal
    18 Januari 2019 Pengumuman Proposal yang Lolos untuk di Presentasikan
    TAHAP 2
    19 Januari 2019 Technical Meeting
    22 Januari 2019 Acara Puncak

     

    Presentasi dan Pengumuman Juara

    D. Tata Tertib Lomba

    1. Peserta lomba datang ke tempat pelaksanaan 20 menit sebelum acara perlombaan dimulai dengan menggunakan pakaian seragam sekolah masing – masing.
    2. Peserta lomba tidak diperkenankan meninggalkan area pelaksanaan lomba tanpa seizin panitia.
    3. Selama lomba berlangsung, peserta dilarang bekerjasama dengan peserta lain.
    4. Jika waktu perlombaan selesai semua kegiatan lomba dihentikan.
    5. Ketentuan pemenang sudah menjadi tanggung jawab Panitia dan Juri, dan tidak dapat diganggu gugat
    6. Peserta harus menaati segala peraturan yang berlaku.
    7. Gelar juara yang diperoleh tim dapat dicabut dan tim dapat didiskualifikasi oleh pihak panitia   IT COMPETITION jika ditemukan kecurangan yang serius atau pelanggaran hukum dalam karya yang dilombakan ataupun dalam proses pelaksanaan perlombaan.

E. Hadiah

Pemenang lomba Bisnis Tik mendapatkan penghargaan berupa :

Juara 1 Rp. 1.000.000; + Trophy + Piagam penghargaan + Voucher Beasiswa Universitas Dian Nuswantoro
Juara 2 Rp. 750.000;    + Trophy + Piagam penghargaan + Voucher Beasiswa Universitas Dian Nuswantoro
Juara 3 Rp. 500.000;    + Trophy + Piagam penghargaan + Voucher Beasiswa Universitas Dian Nuswantoro

Contact Person

  1. Alim : 0812-3041-5641
  2. Prabu    : 0812-4729-7626

Sekretariat

  1. Website resmi Dinus Fest 2019 : http://festival.dinus.ac.id
  2. Website resmi HMTI : http://hmti.dinus.ac.id/
  3. Email resmi HMTI : udinus.hmti@gmail.com

Penutup

Demikian Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Lomba IT COMPETITION 2019 ini kami buat, dukungan dan partisipasi dari semua pihak demi terwujudnya Program Kerja Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro ini, kami ucapkan banyak terima kasih.

id_IDIndonesian