PETUNJUK PELAKSANAAN 

DAN 

PETUNJUK TEKNIS 

INFORMATION TECHNOLOGY COMPETITION 

LOMBA BISNIS TIK 

DINUS FEST 2021 

“Improve Your Capabilities and Creativity in the Digital Age” 

 

 

A. Persyaratan Peserta 

  1. Peserta merupakan pelajar SMA se-derajat dan mahasiswa Nasional. 
  2. Pendaftaran dilakukan dengan cara melakukan pendaftaran di website festival.dinus.ac.id dan itc.hmtiudinus.org yang berisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.
  3. Lomba bersifat Kelompok / Tim, 1 Tim terdiri dari 2-3 orang
  4. Melampirkan persyaratan administrasi seperti :  
    • Scan kartu pelajar / mahasiswa masing-masing 1 lembar per-orang 
    • Scan surat ijin / rekomendasi dari pihak sekolah / universitas. 
  5. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.016/ Tim. melalui rekening: 
    • Nama Bank : Bank Jateng  
    • Cabang : Udinus 
    • Atas Nama : Kemahasiswaan Udinus 
    • No Rekening : 3 099 07026 8 
    • Untuk konfirmasi dapat melalui Contact Person yang tersedia. 
  6. Proposal yang dikirimkan merupakan karya orisinil dan belum pernah memenangkan perlombaan apapun. 
  7. Tema proposal adalah “Advancing with Technology in Pandemic” 
  8. Setiap Kelompok/Tim Wajib mengirimkan proposal Bisnis TIK sesuai dengan tema yang telah ditentukan. 
  9. Proposal dikirimkan dalam bentuk PDF lalu dikompresi sebagai RAR / ZIP dengan nama ITC_BISNISTIK_NAMATIM_JUDUL dan dikirimkan ke email HMTI : hmti@orma.dinus.ac.id 
  10. Proposal maksimal berisi 30 halaman. 
  11. Hak Kekayaan Intelektual dari peserta tetap akan menjadi hak dari peserta. 
  12. Tim yang lolos tahap selanjutnya, wajib datang pada Technical Meeting dan hari berlangsungnya acara.
  13. Kuota Peserta Terbatas

 

B. Lingkup Materi 

  1. Tema : “Advancing with Technology in Pandemic” 
  2. Peserta diharapkan dapat membuat suatu aplikasi atau system yang nantinya dapat membantu umkm (yang mulanya hanya menawarkan barang atau jasa dengan cara offline menjadi online) di masa pandemi seperti sekarang ini dengan kriteria: 
    • Keorisinalitas 
    • Mudah diaplikasikan 
    • Bermanfaat bagi masyarakat 

 

C. Fasilitas 

  • E-Sertifikat 

 

D. Pelaksanaan Kegiatan 

  1. Peserta akan diambil pengirim proposal terbaik untuk ke tahap selanjutnya. 
  2. Peserta yang lolos akan diundang dengan diberikan link tautan Zoom untuk melakukan Technical Meeting. 
  3. Lomba dilaksanakan pada Hari Selasa, 2 Februari 2021 
  4. Pelaksanaan lomba mulai pukul 07.00-Selesai WIB
  5. Tempat Kegiatan Lomba adalah Zoom Meeting 
  6. Berikut Timeline Lomba Bisnis TIK :
No  KEGIATAN  WAKTU
Pendaftaran  12 Januari 2021 s/d 26 Januari 2021
Pengumpulan Proposal  12 Januari 2021 s/d 26 Januari 2021
Seleksi Proposal  26 Januari 2021 s/d 28 Januari 2021

 

Pengumuman Proposal Lolos  28 Januari 2021
Technical Meeting  30 Januari 2021
Pelaksanaan Lomba  2 Februari 2021
Pengumuman Pemenang  2 Februari 2021 – 3 Februari 2021 

 

E. Tata Tertib Lomba 

  1. Peserta lomba memasuki link Zoom yang sudah disediakan 30 menit sebelum acara perlombaan dimulai dengan menggunakan pakaian seragam sekolah masing-masing bagi pelajar SMA se-derajat, dan kemeja dengan luaran jas almamater masing-masing  universitas bagi mahasiswa. 
  2. Peserta lomba tidak diperkenankan meninggalkan Zoom tanpa se-izin panitia. 
  3. Selama lomba berlangsung, peserta dilarang bekerjasama dengan peserta lain. 
  4. Ketentuan pemenang sudah menjadi tanggungjawab Panitia dan Juri, dan tidak dapat diganggu gugat 
  5. Peserta harus menaati segala peraturan yang berlaku. 
  6. Gelar juara yang diperoleh tim dapat dicabut dan tim dapat didiskualifikasi oleh pihak panitia IT COMPETITION apabila ditemukan kecurangan yang serius atau pelanggaran hukum dalam karya yang dilombakan ataupun dalam proses pelaksanaan perlombaan. 

 

F. Mekanisme Lomba 

Lomba Bisnik TIK ITC 2021 memiliki 2 babak, yaitu: 

I. Babak Penyisihan 

  1. Pada babak ini, peserta mengunggah berupa RAR dengan format penamaan ITC_BISNISTIK_NAMATIM_JUDUL berisikan file proposal full paper dengan format penamaan NAMATIM_PROPOSAL dan juga video yang berisi Penjelasan singkat tentang point proposal, dan juga inovasi yang dibawakan dengan formatpenamaan NAMATIM_VIDEO berdurasi 2-5 menit ,pada link yang tersedia dengan batas waktu yang sudah ditentukan. 
  2. Proposal yang sudah dikumpulkan akan diseleksi oleh dewan juri, dan akan dipilih tim terbaik. 

II. Babak Final 

Pada babak ini, para tim yang berhasil masuk akan mempresentasikan proposal mereka dalam bentuk presentasi powerpoint, dan juga disarankan untuk menampilkan mockup/blueprint/prototype dari aplikasi bisnis TIK tersebut melalui platform Zoom Meeting.  

 

G. Penilaian 

Babak Penyelisihan 

Berikut adalah kriteria penilaian pada proposal yang dikumpulkan : 

No  Kriteria  Keterangan  Nilai
Inovatif dan orisinalitas  Berisikan ide yang belum pernah  dibuat, dan unik. 40
Sistematika dan tata bahasa  proposal Menggunakan tata bahasa, dan  struktur proposal yang baik. 20
Kesesuaian dengan tema  Kesesuaian proposal dengan tema  yang sudah diberikan. 20
Nilai Jual Bisnis  Ide yang dapat diimplementasikan  di masa depan nanti dan dapat  dikembangkan. 20

 

Babak Final 

Berikut adalah Kriteria Penilaian dari Presentasi Bisnis TIK ITC 2021 :

No  Kriteria  Keterangan  Nilai
Produk, dan Layanan  Produk yang jelas, menarik, dan juga  memiliki value proposition yang baik  untuk pengguna/konsumen 30
Pasar (market)  Mampu memenuhi kebutuhan pasar

Memiliki peluang yang besar

Mampu menentukan target pasar

25

 

Business Strategy  Memiliki Business Plan yang jelas

Memiliki Strategi bisnis yang  berkualitas 

Mampu mengidentifikasi 5W+1H  dengan baik

25
Elevator Pitch  Kejelasan tim dalam Presentasi Penguasaan terhadap materi yang  disampaikan 

konsistensi business plan 

semangat percaya diri, Antusiasme,  dan Persuasif yang tinggi 

20

 

H. Ketentuan Proposal

  1. Proposal inovasi ditulis maksimal 30 halaman, ukuran kertas A4, huruf Times New Roman ukuran 12 dengan warna hitam, dengan jarak baris 1,15 spasi, margin kiri 4cm, margin kanan, atas, dan bawah masing-masing 3cm. Halaman kelengkapan sampul sampai dengan daftar isi diberi nomor halaman dengan huruf: i, ii, iii,….dst, yang diletakan disudut kanan bawah. Halaman utama yang dimulai dari pendahuluan sampai dengan daftar pustaka diberi nomor halaman dengan angka: 1, 2, 3,….dst, yang diletakan pada sudut kanan atas.
  2. Lampiran :
    • Lampiran I Cover proposal
    • Lampiran II Surat Pernyataan
    • Lampiran III Sistematika Penulisan Proposal

 

 

 

 

Contact Person 

Keterangan/ informasi lebih lanjut dapat menghubungi : 

  1. LOMBA 
    • Syifa : 0858-9300-3303 
    • Danis : 0813-9242-6933 
  2. SPONSORSHIP 
    • Ekki : 0822-4169-8249

 

id_IDIndonesian