PERATURAN UMUM

A. Persyaratan

  1. Setiap tim harus terdiri dari 2 (two) pendebat
  2. Anggota tim harus berada dalam institusi yang sama dengan menunjukan KTM pada saaat registrasi
  3. Partisipan diperbolehkan untuk mendaftar selama mereka belum lulus pada periode registrasi
  4. Setiap Peserta harus bertanding dan tidak dapat diwakilkan oleh oranglain
  5. Setiap institusi diperbolehkan untuk mengirimkan maksimal 2 (dua) tim
  6. Setelah kapasitas maksimum terpenuhi (24 tim), tim yang mendaftar akan ditempatkan di waiting list
  7. Sudah memenuhi biaya pendaftaran dan sudah berhasil mendaftarkan diri sebagai peserta.

 

B. Relevant Dates

  1. Technical Meeting : 13 Februari 2022
  2. Preliminary Rounds : 19 Februari 2022
  3. Elimination Rounds : 20 Februari 2022

 

C. Dress Code

  1. Peserta wajib menjaga penampilan agar tetap rapi dan bersih;
  2. Peserta diminta untuk memakai pakaian formal/semiformal

 

D. Peraturan Selama Perlombaan

  1. Perlombaan akan dilaksanakan secara daring (online) melalui Zoom, sehingga peserta harus memastikan bahwa peralatan dan perangkat pendukung tersedia. (Laptop/PC dengan kamera dan speaker yang berfungsi, mikrofon, dan koneksi internet). Peralatan yang dibutuhkan tidak akan disediakan oleh panitia. Dengan itu, peserta harus menyediakannya secara mandiri;
  2. Selama perlombaan berlangsung, Panitia akan membisukan microphone dari semua peserta. Peserta hanya diperbolehkan untuk menyalakan microphone ketika gilirannya untuk berbicara.
  3. Untuk memastikan semua peserta audible sebelum perlombaan dimulai, aka nada sesi pengecekan microphone.
  4. Jika peserta melakukan kecurangan, panitia berhak memutuskan secara sepihak untuk mendiskualifikasi peserta dari kompetisi
  5. Selama perlombaan berlangsung, peserta yang sudah terdaftar tidak dapat diwakilkan oleh siapapun,
  6. Semua peserta harus menghormati dan menghargai setiap penilaian dari para juri
  7. Keputusan juri adalah mutlak dan tidak ada korespondensi yang berkaitan dengan proses penjurian yang akan dipertimbangkan
  8. Apabila peserta melakukan kesalahan saat tampil, panitia tidak akan berkompromi dan/atau memberikan jeda durasi maupun memberikan restart kepada peserta
  9. Jika ada kendala teknis (seperti kesalahan pada mikrofon/speaker atau koneksi internet yang bermasalah) atau jika ada masalah yang timbul selama penampilan peserta, yang bukan kesalahan peserta, maka panitia dapat mengizinkan restart dengan kebijaksanaan panitia dengan persetujuan juri; dan
  10. Setiap peserta harus hadir tepat waktu, paling lambat 15 (lima belas) menit sebelum lomba dimulai. Kami tidak berkompromi dengan keterlambatan. Jika peserta terlambat hadir, maka panitia akan memutuskan secara sepihak antara menunda pertunjukan atau mendiskualifikasi peserta dari kompetisi.

 

URUTAN KOMPETISI

Kompetisi ini memiliki 2 (dua) set babak:

  1. Babak Preliminary (4 (empat) ronde)
    Semua tim akan bertanding dalam tiga ronde untuk menang paling banyak, dengan skor tertinggi yang memungkinkan untuk mencapai Babak eliminasi yang dikenal sebagai Breaking Team. Breaking Team terdiri dari 12 tim dengan kemenangan (poin kemenangan) terbanyak, skor tim tertinggi, dan margin tertinggi secara berurutan. Akan ada 2 tim untuk cadangan (tim di peringkat 13 dan 14) yang akan melanjutkan ke babak eliminasi hanya jika salah satu tim di tim yang melanggar mengundurkan diri atau didiskualifikasi untuk babak eliminasi.
  2. Babak Eliminasi
    1. PreSemi-final: 8 tim dari breaking 5-12 akan bersaing, hanya 4 tim yang memenangkan babak ini yang akan melanjutkan ke babak berikutnya.
    2. Semi-final: 8 (delapan) tim (breaking1-4 dan tim yang lolos dari babak PreSemi) akan bersaing untuk menang, hanya 4 tim yang memenangkan babak ini yang akan melanjutkan ke babak berikutnya
    3. Grand Final: Babak terakhir di mana empat tim terbaik dari turnamen akan bertemu dalam pertempuran untuk menentukan pemenang kompetisi

 

ATURAN KHUSUS

Format British Parliamentary

  1. Ada empat tim dalam format British Parliamentary dimana setiap tim terdiri dari dua anggota, yaitu:
    • Opening Government (Pemerintah Pembuka): Prime Minister, Deputy Prime Minister
    • Opening Opposition (Oposisi Pembuka): Leader of Opposition, Deputy Leader of Opposition.
    • Closing Government (Pemerintah Penutup): Member for the Government, Government Whip
    • Closing Opposition (Oposisi Penutup): Member for the Opposition, Opposition Whip
  2. Waktu Berpidato
    • Setiap pembicara diberikan waktu 7 (tujuh) menit 20 (dua puluh) detik untuk menyampaikan pidato konstruktifnya. Pembicara akan berbicara dengan urutan sebagai berikut:
  3. Point of Information
    • Setiap pembicara harus menginformasikan kepada pembicara lain tentang preferensi metode Point of Information (“POI”) seperti melalui chat, membunyikan mikrofon, dll. Selama pidato konstruktif, POI dapat dinaikkan oleh pihak lawan setelah menit pertama hingga menit keenam . POI dapat ditolak atau diterima oleh pembicara..
  4. Case Building
    • Selama proses case building:
      • Waktu yang diberikan untuk case building adalah 15 menit untuk setiap tim secara bersamaan;
      • Materi cetak, buku, kamus, dan berita diperbolehkan selama case building;
      • Peserta tidak diperbolehkan mencari materi menggunakan internet selama sesi case building; dan
      • Case building hanya dilakukan oleh dua anggota tim dan mereka tidak bisa mendapatkan bantuan dari orang lain (pelatih, guru, dan penonton tidak boleh terlibat).
  5. Penilaian
    • Skor adalah perkiraan objektif tentang bagaimana seorang pembicara individu tampil di babak itu.

 

Kebijakan Iron Person

  1. Iron person didefinisikan sebagai setiap orang yang menyampaikan dua pidato substantive dalam satu ronde untuk menggantikan rekan setimnya yang melewatkan babak penyisihan tertentu untuk alasan apapun.
  2. Sebuah tim hanya bisa melakukan Iron Person pada satu babak penyisihan dengan menginformasikan pada Adjudication Core sebelum draw pertandingan dan mosi dirilis. Namun, tim- tim yang melakukan Iron Person pada lebih dari satu babak penyisihan tidak memenuhi syarat untuk breaking.
    • Tim yang melakukan Iron Person berhak untuk menyimpan poin kemenangan dan skor asli tim mereka dari babak tersebut tanpa adanya segala jenis pengurangan.
    • Iron Person akan diberikan skor yang tertinggi dari dua skor pembicara pada babak tersebut.
    • Untuk penghargaan pembicara, pembicara yang melewatkan debat akan diberikan skor sebesar 69 untuk ronde yang mereka lewatkan.

 

Peraturan Debat Online

  1. Persyaratan umum yang berlaku sepanjang kompetisi berlangsung:
    • Semua peserta diwajibkan untuk mengunduh Zoom pada perangkat elektroniknya masing – masing.
    • Semua peserta debat diwajibkan untuk menggunakan format nama “[Ronde] [Ruangan] [Posisi] [Nama Tim] [Nama]” saat masuk ke zoom. Contohnya. “R2 A3 Pemerintah Pembuka UDINUS Dian”
    • Semua juri diwajibkan untuk menggunakan format nama “Juri [Ronde] [Ruangan] [Nama]” saat masuk ke zoom. Contohnya, “Juri R2 A5 Toro”
    • Seluruh peserta diwajibkan untuk memiliki akses yang stabil pada jaringan internet selama kompetisi berlangsung. Namun, untuk kasus darurat, panitia telah menyediakan Standard Operating Procedure (SOP) untuk menangani alur kompetisi terkait masalah tersebut.
  2. Motion Launch and Motion Preference:
    • Draw pertandingan akan ditampilkan setidaknya selama 10 menit sebelum perilisan mosi pertama pada hari itu melalui Herokuapp. Peserta debat harus tepat waktu dan kami tidak akan menoleransi alasan apapun untuk tidak tepat waktu.
    • Setelah mengklik link yang disediakan di Grup Whatsapp, peserta debat akan berkumpul di Aula Debat untuk perilisan mosi dan panggilan. Perilisan mosi akan diumumkan oleh Adjudication Core.
    • Peserta debat harus mengubah nama mereka sesuai dengan format yang sudah diberikan pada RnR agar dapat dialokasikan ke ruangannya.
    • Operator akan membagi peserta ke dalam ruang debatnya masing – masing, melalui fitur breakout room di Zoom. Harap tunggu di Debaters Hall sampai operator memindahkan anda ke ruang debat anda.
    • Setelah mosi dirilis, peserta debat diperbolehkan untuk casebuild.
  3. Casebuilding:
    • Setelah mosi dirilis, peserta harus tetap berada di ruang debat selama casebuilding berlangsung (15 menit). Bisukan mikrofon anda dan matikan kamera anda di ruang zoom selama masa casebuilding tetapi anda tidak boleh meninggalkan ruangan.
    • Panitia tidak akan menyediakan ruangan untuk casebuilding tim sehingga setiap tim diharuskan untuk mencari cara sendiri to melakukan sesi casebuilding (misal, telpon WA atau membuat link Zoom/Gmeet sendiri).
  4. Debat:
    • Selama Debat:
      1. Anda diwajibkan untuk menghidupkan kamera setiap saat selama debat. Namun, dalam keadaan darurat, anda diperbolehkan untuk mematikan kamera selama terdapat
        pemberitahuan yang sebelumnya sudah diberikan kepada LO dari ruang debat tersebut.
      2. Your microphone must be muted unless it is your time to give your speech or if you are giving a POI. Mikrofon anda harus dibisukan kecuali saat anda memberikan pidato atau memberikan POI.
      3. Untuk menghindari gema dan masalah suara lainnya, peserta dianjurkan untuk memakai headphones selama debat berlangsung.
      4. Para juri memiliki hak untuk menjeda atau menghentikan debat pada waktu apapun untuk memperbaiki masalah teknis yang mungkin terjadi.
    • Point of Information (POI)
      1. Untuk melakukan POI, peserta harus menyalakan mikrofonnya dan mengatakan “POI”. Anda hanya perlu mengatakan “POI” satu kali agar anda tidak mengganggu peserta yang sedang menyampaikan pidato.
      2. Jika POI diterima, peserta diperbolehkan untuk menyalakan mikrofonnya dan melakukan POI.
      3. Jika POI ditolak, peserta harus segera mematikan mikrofonnya dan melanjutkan mendengarkan debat.
      4. Metode yang berbeda untuk memberi dan menerima POI dapat digunakan jika terdapat persetujuan sebelumnya oleh semua peserta dalam ruang debat. Jika anda lebih suka metode POI yang berbeda, harap memberi tahu ruang sebelum debat dimulai.
    • Setelah Debat:
      1. Selama diskusi hasil debat, peserta diharuskan tetap tinggal di ruang zoom tetapi diperbolehkan untuk mematikan kamera dan mikrofon.
      2. Setelah penjurian lisan selesai, seluruh peserta harus segera meninggalkan zoom meeting.
      3. Personal constructive dari juri hanya bisa diberikan pada saat istirahat makan siang atau setelah kompetisi pada hari itu selesai. Peserta dapat meminta constructive pada juri (tanyakan langsung pada juri anda platform yang dipilih untuk sesi constructive).
  5. Skenario Darurat
    • Melihat dari sifat internet yang tidak stabil dan kemungkinan peserta terputus koneksi saat debat, berikut ini adalah scenario yang akan diterapkan untuk kasus tersebut. Perhatikan bahwa ini hanya berlaku jika anda terputus koneksinya dari Zoom. Skenario ini tidak akan mencakup masalah teknik lainnya karena ini adalah tugas anda untuk memastikan koneksi internet anda stabil sebelum kompetisi dimulai.
    • Jika anda terputus dari Zoom sebelum atau setelah giliran anda untuk menyampaikan pidato:
      1. Beritahu panitia acara sesegera mungkin. Anda atau rekan tim anda harus memberitahu panitia acara melalui kolom obrolan Zoom atau Grup Whatsapp. Panitia acara akan mengawasi
        setiap saat dan mereka akan memberitahu ruangan anda bahwa anda terputus koneksi.
      2. Kami akan menjeda debat (termasuk jika ada pidato berlangsung) dan anda akan diberikan maksimal 2 menit untuk menghubungkan kembali.
      3. Jika anda gagal menghubungkan kembali dalam alokasi waktu yang sudah diberikan, maka debat akan dilanjutkan dan jika anda belum memberikan pidato, anda diharapkan melakukannya saat giliran anda tiba.
    • Jika anda terputus dari Zoom selama giliran anda menyampaikan pidato anda:
      1. Jika anda tidak bisa menghubungkan ulang untuk melakukan pidato anda dalam 5 menit, rekan tim anda diwajibkan untuk menghubungi anda dengan pengeras suara sehingga memungkinkan anda untuk melanjutkan pidata anda melalui panggilan dengan rekan tim anda yang menyambungkan pidato anda ke zoom.
      2. Jika (i) tidak bekerja:
        • Jika anda terputus sebelum 4.30 menit dari pidato anda: kebijakan Iron Person berlaku. Rekan setim anda dapat menggantikan anda untuk melakukan pidato anda. Namun, tidak akan ada waktu tambahan bagi rekan retim anda untuk menyusun pidato anda. Skor peserta untuk tabulasi akan diberikan kepada rekan setim anda yang menggantikan anda.
        • Jika anda terputus setelah 4.30 menit dari pidato anda: anda akan tetap dinilai berdasarkan pidato yang telah anda sampaikan dan kebijakan Iron Person tidak berlaku.

 

MOSI

Babak penyisihan pada hari pertama terdiri dari 4 ronde menggunakan mosi impromptu. Semua babak final pada hari kedua akan dilakukan dengan mosi impromptu.

 

Pendaftaran hubungi CP
Jika anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi CP kami
CP: 0859-7523-7860 (Elfish)