Tema Lomba

“Indonesia’s Economic Recovery”

 

Waktu Pelaksanaan (timeline)

  1. Pendaftaran : 21 Januari 2022 – 8 Februari 2022
  2. Pengumpulan proposal : 12 Februari 2022
  3. Pengumuman finalis 10 besar : 15 Februari 2022
  4. Penilaian : 15 Februari 2022
  5. Pengumuman pemenang : 15 Februari 2022

 

Persyaratan Peserta

  1. Peserta terdiri dari pelajar SMA/SMK/MA, Mahasiswa, dan Umum
  2. Lomba bersifat tim, terdiri dari 2-3 orang peserta.
  3. Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran online (Hanya perwakilan)
  4. Peserta wajib mengikuti akun instagram Commdise 2022.
  5. Peserta wajib mengikuti Talkshow dan Technical Meeting yang diadakan pada tanggal 9 Februari 2022.
  6. Peserta tidak dalam keadaan terpengaruh alkohol ataupun obat obatan terlarang.
  7. Peserta ReAction tidak boleh menjatuhkan brand/produk pesaing di dalam penulisan dan presentasi proposal

 

Persyaratan Proposal Rebranding UMKM

  1. Bersifat kelompok
  2. Ide proposal merupakan hasil gagasan sendiri atau pengimbangan ide yang murni dibuat oleh peserta
  3. Ide rebranding proposal belum pernah menang atau mendapat penghargaan dari lomba manapun
  4. Proposal rebranding UMKM dikirimkan ke E-mail Commdise
  5. Proposal kreatif harus sesuai dengan UMKM yang sudah ditentukan.

 

Mekanisme Lomba

  1. Pendaftaran.
    • Peserta mendaftar melalui festival.dinus.ac.id
    • Peserta membayar biaya registrasi, sebesar Rp. 20.012,00/ per karya.
  2. Sistematika Proposal Kreatif lomba ReAction
    • Judul Rebranding tidak boleh menggunakan kata yang tidak baku dan singkatan yang tidak baku
    • Proposal harus sesuai dengan UMKM yang dipilih, terdapat 2 pilihan UMKM yaitu Osushi dan Locaceli.
    • Peserta menyusun dan mengunggah proposal dalam bentuk pdf yang berisi:
      1. Ketentuan Dasar (Tujuan, Nilai, Target Market)
      2. Analisa Pembeli (Identitas, Sumber Informasi, Tujuan dan Kebutuhan, Poin Permasalahan, Bagaimana kecocokan brand)
      3. Visi dan Misi Brand (Visi, Misi)
      4. Analisa Pesaing (Identitas Pesaing)
      5. Proposisi Nilai
      6. Posisi Brand
      7. Cerita Brand
      8. Pesan Brand
      9. Citra Brand
    • Peserta diperbolehkan mendesain proposal sekreatif mungkin
    • Tidak ada batasan halaman untuk proposal kreatif
  3. Pengumpulan Proposal
    • Link proposal yang diikutsertakan dikirim melalui email yang sudah tertera
    • Pengumpulan proposal harus dalam format PDF
    • Peserta wajib mengirim proposal maksimal H-3 pelaksanaan lomba dan sebagai bentuk registrasi ulang peserta (12 Februari 2022)
  4. Penilaian Tahap 1
    • Proposal yang dinilai merupakan hasil dari seluruh peserta yang mengikuti lomba dan akan dipilih 10 proposal terbaik.
    • 10 finalis yang terpilih akan mendapatkan panduan lebih lanjut terkait mekanisme penilaian tahap ke-2
  5. Pengumuman Finalis 10 besar
    10 finalis akan diumumkan pada hari H perlombaan ReAction pada tanggal 15 Februari 2022.
  6. Penilaian Tahap 2
    • Setiap peserta diharuskan sudah berada di room zoom dilaksanakannya lomba paling lambat 30 menit sebelum perlombaan berlangsung.
    • Setiap peserta akan dipanggil berdasarkan nomer urut yang sudah ditentukan panitia.
    • Peserta yang telah dipanggil namun belum ada, akan dialihkan ke urutan terakhir, pemanggilan peserta hanya dilakukan sebanyak 3 kali.
    • Apabila sudah diundur tetapi peserta belum ada ditempat makan akan di diskualifikasi.
    • Peserta mempersiapkan presentasi proposalnya masing-masing.
    • Peserta mempersiapkan satu orang dari tim untuk mempresentasikan hasil proposal kreatif yang akan di lombakan.
    • Juri akan memberikan penilaian mengenani materi dari masing-masing peserta.
    • Materi dan penyampaian presentasi termasuk dalam penilaian juri.
  7. Pengumuman Pemenang
    Pemenang akan diumumkan setelah perlombaan selesai (15 Februari 2022)

 

Kriteria Penilaian

  • Kesesuaian tema atau ide proposal.
  • Kreativitas dan originalitas proposal.
  • Kesesuaian sistematika proposal.
  • Penyampaian presentasi proposal.

 

Penghargaan

  • Juara I : E-sertifikat + uang pembinaan.
  • Juara II : E-sertifikat + uang pembinaan.
  • Juara III : E-sertifikat + uang pembinaan.

 

Tanggal Pelaksanaan Lomba

Lomba dilaksanakan pada hari Selasa, 15 Februari 2022 dilaksanakan pada platform zoom.

 

JOIN GRUP WA

id_IDIndonesian