LOPTASIKU VII (Lomba Cipta Kreasi Paskibra Kampus Udinus)

PESONA NUSANTARA JAWA TENGAH Gagah layaknya Gatotkaca, Tangguh layaknya Garuda Dalam Keselarasan Bhinneka Tunggal Ika

 

A. Jenis Kegiatan

  1. LKBB
  2. VarFor ( Variasi Formasi )
  3. Best Danton
  4. Best Costume

 

B. Ketentuan Pokok Lomba Peraturan Baris-Berbaris

  1. Jumlah anggota tiap pasukan adalah 16 orang ( 15 pasukan inti dengan 1 orang danton pasukan ).
  2. Peraturan PBB yang dinilai adalah mengacu pada PERPANG NO. 58 TAHUN 2018.
  3. Peserta melaksanakan gerakan sesuai dengan ketentuan aba-aba dari panitia. Untuk gerakan variasi dan formasi, sesuai dengan kreativitas dari sekolah. Saat formasi dibebaskan menggunakan tema sesuai dengan kreativitas masing-masing pangkalan dan disalah satu variasi diharuskan menggunakan kalimat “ DINUS POLKE (Jempol Oke) “.
  4. Anggota setiap pasukan terdiri dari putra, putri, atau campuran.
  5. Penggantian anggota pasukan : dapat dilaksanakan maksimal saat daftar ulang yaitu pada saat hari H dan melaporkan kepada panitia untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan..
    • Penggantian dapat dilakukan apabila anggota pasukan tidak memungkinkan untuk tampil.
    • Anggota pengganti adalah cadangan ( diwajibkan disertai surat tugas sekolah ).
  6.  Danton langsung memasuki kotak danton.
  7. Danton tidak perlu laporan kepada dewan juri.
  8. Perhitungan waktu dan penilaian dimulai saat aba-aba pertama.
  9. Waktu diakhiri pada saat danton keluar dari kotak danton.
    • Peluit pertama (1x) : aba-aba pertama
    • Peluit kedua (2x) : waktu kurang 3 menit
    • Peluit ketiga (3x) : waktu selesai
  10. Pasukan tidak boleh melewati/menginjak garis batas lapangan (sistem jurang) Jika melewati/menginjak garis akan dikenai pengurangan nilai 75 point (dari total nilai Akhir)
  11. Waktu tampil disediakan 10 menit
  12. Waktu penilaian Costume 7 menit dan sesi Foto 4 menit.
  13. Peserta dari Basecamp menuju ke tempat penilaian costume di Ruang Gedung H.3.11 lantai 3 UDINUS

 

1. Pakaian / Seragam Lomba

  1. Pakaian yang digunakan pada saat lomba menggunakan Pakaian Dinas Harian / Dinas Umum Kebesaran masing – masing sekolah dengan tidak mengurangi kesopanan, kerapian, kekompakam, dan keseragaman.
  2. Keseragaman yang dimaksud diatas adalah perlengkapan / atribut yang digunakan anggota pasukan satu dengan lainnya sama, demikian pula warna dan perlengkapan lain di kenakan.
  3. Setiap pasukan dibebaskan untuk berkreasi mengenai kostum.

 

2. Juri, Asisten Juri, dan Juri Pembantu

  1. Dewan Juri LOPTASIKU VII 2023
    • PBB, VARFOR, DANTON : 3 orang anggota RINDAM IV SECABA DIPONEGORO MAGELANG, JAWA TENGAH
    • Kostum : 3 orang Alumni PASKIBRAKU
  2. Asisten juri adalah panitia yang telah ditunjuk untuk membantu juri menulis koreksi secara detail.
  3. Juri pembantu adalah panita yang telah ditunjuk untuk membantu juri dalam penilaian yang meliputi waktu, juri DP, hakim garis, administrasi dan kesalahan / koreksi.

 

3. Daftar Ulang

  1. Daftar ulang dilakukan oleh pasukan / perwakilan sesuai dengan surat tugas sekolah, di depan Masjid UDINUS Gedung G, jam 06.00 – 07.00
  2. Daftar ulang dilakukan dua kali pada saat Technical Meeting dan waktu pelaksanaan.
  3. Nomor peserta, cocard, dan kupon konsumsi akan diberikan pada saat daftar ulang pada hari H.

 

4. Apel Pembukaan

  1. Seluruh peserta wajib mengikuti Apel pembukaan. ( Untuk no.undi 1 & 2 diwakilkan oleh pasukan yang tidak mengikuti lomba ) dengan menggunakan pakaian Osis lengkap.
  2. Peserta yang telah datang diwajibkan melapor kepada panitia.
  3. Pakaian upacara diwajibkan pakaian / seragam sekolah ( PSAS/OSIS ).

 

5. Kreasi Variasi dan Formasi

KREASI Variasi yang ditampilkan dibebaskan untuk memasukan unsur PBB/Puisi/Nyanyian/Yel-yel/Budaya

 

C. Persyaratan Peserta Lomba

  1. Setiap pangkalan dapat mengirimkan maksimal 2 ( dua ) pasukan.
  2. Satu pasukan terdiri dari 16 orang (sudah termasuk pemimpin pasukan) Menyerahkan formulir pendaftaran dan surat-surat rekomendasi sekolah.
  3. Membayar biaya pendaftaran Rp. 400.000 per tim.
  4. Pembayaran lomba bisa ditransfer melalui;
    • Nama Bank: Bank Jateng
    • Cabang: Udinus
    • Atas nama: Kemahasiswaan Udinus
    • No. Rek: 3099070268
    • Kode pembayaran: 03
    • Contoh : 400.003
  5. Pas foto 3×4 berwarna merah, 1 lembar dan mengumpulkan 1 lembar foto copy kartu pelajar yang masih berlaku.
  6. Peserta harus menyerahkan berkas pendaftaran kepada panitia paling lambat pada saat Technical Meeting dengan menyerahkan persyaratan yang diwajibkan.
  7. Bersedia menaati semua peraturan dan ketentuan dalam LOPTASIKU VII.

 

D. Fasilitas Lomba

  1. Basecamp
  2. Konsumsi makan siang peserta
  3. Piagam bagi juara
  4. Sertifikat seluruh peserta
  5. Tanda peserta

E. Teknis Pendaftaran Online

  1. Pendaftaran WAJIB melalui website festival.dinus.ac.id
  2. Pendaftaran online ini bersifat memesan kuota.
  3. Persyaratan (Formulir, foto, uang pendaftaran, dsb) WAJIB diserahkan saat Technical meeting.
  4. Technical Meeting dan Verifikasi Data

 

F. Jadwal Kegiatan

  1. Technical Meeting dan Verifikasi Data
    • Hari / Tanggal : Sabtu, 24 Desember 2022
    • Waktu : 08:00 – selesai
    • Tempat : Ruang Rapat, Gedung H Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Jl. Imam Bonjol 207 Semarang)
  2. Uji Coba Lapangan
    • Hari / Tanggal : Minggu, 15 Januari 2023
    • Waktu : 07:00 – 16:00 WIB
    • Tempat : Lapangan Gedung Rektorat Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Jl. Imam Bonjol 207 Semarang)
  3. Pelaksanaan Lomba
    • Hari / Tanggal : Minggu, 22 Januari 2023
    • Waktu : 06:00 – selesai
    • Tempat : Lapangan Gedung Rektorat Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Jl. Imam Bonjol 207 Semarang)

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi :

  1. Abdullah Fais : 081225289535 Rahmadika : 0895398947602
  2. Email : paskibraku.dinus.org@gmail.com
  3. IG : @paskibra.udinus
  • Pendaftaran tetap dibuka sebelum memenuhi kuota 30 peserta dan ditutup apabila telah memenuhi kuota.
  • TM wajib dihadiri oleh pembina/pelatih/official team dan danton (jika diwakilkan harus ada surat disposisi / surat tugas dari sekolah). Hal ini untuk menghindari kesalah pahaman informasi.

 

G. Peraturan Umum

  1. Peserta boleh dan bebas membawa perlengkapan sendiri.
  2. Peserta yang terlambat pada waktu yang telah ditentukan maka akan ada pengurangan penilaian bahkan akan didiskualifikasi dari perlombaan.
  3. Peserta akan dipanggil 3x pada saat hendak perform, jika panggilan ke 3 peserta tidak datang maka peserta akan didiskualifikasi dari perlombaan.
  4. Peserta tidak dalam keadaan MABUK, MEROKOK, atau pun memakai DRUGS.
  5. Peserta yang membuat kericuhan saat pelaksanaan lomba akan didiskualifikasi.
  6. Penilaian murni dari juri yang ditunjuk oleh panitia, juga diawasi panitia dan tidak ada campur tangan pihak lain.
  7. Menjaga kebersihan basecamp dan dilarang merusak segala fasilitas yang ada di lingkungan Univeritas Dian Nuswantoro (Apabila peserta merusak fasilitas yang ada di lingkungan kampus akan dikenakan biaya/mengganti fasilitas yang dirusak).
  8. Setiap peserta dilarang mengganggu perserta lain yang sedang melaksanakan lomba.
  9. Peserta wajib melaksanakan aturan-aturan yang telah ditentukan oleh panitia.
  10. Menentang keputusan panitia saat acara LOPTASIKU VII berlangsung akan dikenakan pengurangan point sebesar 1000 point.

 

H. Tambahan

  • Peserta yang melanggar peraturan umum atau diketahui menggunakan siswa lain yang bukan dari pangkalan terkait akan mendapatkan sanksi didiskualifikasi atau pengurangan nilai dari nilai akhir.

 

I. Daftar Aba-Aba, Ketentuan Nilai, dan Format Formulir

JUKLAK_LOPTASIKU_VII_R5
id_IDIndonesian