ALDAKAWANASETA ORIENTEERING

 

A. Waktu dan Tempat

Aldakawanaseta Orienteering Dinus Festival 2023 dilaksanakan pada :

  1. Pembukaan
    Hari/Tanggal     : Sabtu,21 Januari 2023
    Waktu  : 15.00 s/d Selesai
    Tempat : Ruang D.4.16
  2. Technical Meeting
    Hari/Tanggal     : Sabtu,21 Januari 2023
    Waktu  : 15.00 s/d Selesai
    Tempat : Ruang D.4.16
  3. Pelaksanaan
    Hari/Tanggal     : Minggu, 22 Januari 2023
    Waktu  : 05.00 WIB s/d Selesai
    Tempat : Universitas Dian Nuswantoro dan Sekitarnya
  4. Pengumuman
    Hari/Tanggal     : 29 Januari 2023
    Waktu  : 15.00 WIB s/d Selesai
    Tempat : Uiversitas Dian Nuswantoro

 

B. Jenis Disiplin dan Sifat Perlombaan

a. Jenis Disiplin Perlombaan

AODF perlombaan orienteering jenis disiplin foot orienteering sebagaimana peserta hanya dapat diperbolehkan berlari atau berjalan saat perlombaan berlangsung.

 

b. Sifat Perlombaan

Sifat perlombaan merupakan orienteering pertim (Terdiri atas 2 Orang)

 

c. Tipe Perlombaan

Score Event, peserta boleh mengunjungi semua titik kontrol atau tidak yang tertera pada peta secara acak di medan sebenarnya, setiap titik kontrol mempunyai nilai atau score, bagi yang memperoleh score terbanyak dan waktu yang tercepat dinyatakan sebagai pemenang

 

C. Kategori Lomba

Orienteering Pelajar

 

D. Kelas Lomba

  • Putra
  • Putri

 

E. Nomor Lomba

  • Orienteering Score Pelajar Putra (P.PA)
  • Orienteering ScorePelajar Putri(P.PI)

 

F. Persyaratan Peserta Lomba

  1. Peserta merupakan siswa/siswi SMA/SMK Sederajat atau kebawah
  2. Telah melakukan registrasi pendaftaran secara online (festival.dinus.ac.id)
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 65.000,-
    Pembayaran dilakukan dengan metode transfer ke Bank Jateng cabang UDINUS dengan no. rekening 3099070268 (Kemahasiswaan Udinus)
    Setiap proses transaksi dilebihkan 27 sebagai kode mendaftar lomba . Contoh : pembayaran Rp. 65.000, dilebihkan 27 menjadi Rp. 64.027
  4. Surat pernyataan perlombaan bermaterai Rp 10.000
  5. Surat sehat Jasmani dan Rohani.
  6. Pas Foto 3×4 cm 2 lembar
  7. Fotokopi KTP/ Kartu Pelajar
  8. Surat delegasi
  9. Daftar ulang dan download template surat pernyataan, di sini
  10. Peserta wajib mengikuti segala peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana

 

G. Perlengkapan Peserta

  • Disarankan Kompas Baseplate/thumb.
  • Disarankan Jam Tangan Digital.
  • Pakaian Olahraga (wajib).
  • Sepatu (wajib).
  • Dilarang membawa gps, altimeter, alat komunikasi, jam tangan yang dilengkapi gps/altimeter
  • No Dada
    Peserta harus menggunakan No dada yang telah disediakan oleh panitia pelaksana.

 

H. Peta Lomba

  • Peta dasar yang digunakan RBI (Rupa Bumi Indonesia) yang digambar ulang
  • Setiap tim memperoleh 1 peta.
  • Skala peta 1 : 25000.
  • Interval Kontur 12,5 meter.
  • Legenda Peta dicantumkan pada peta.
  • Titik Start/Finish digambarkan pada peta.
  • Titik Kontrol digambarkan pada peta.
  • No point, kode kontrol, dan score tercantum pada peta.

 

I. Kartu Kontrol

  • Kartu kontrol yang digunakan manual.
  • Kartu Kontrol digunakan untuk menandai bahwa peserta telah sampai pada titik kontrol yang dikunjungi.
  • Kartu kontrol berisi:
    • No Dada.
    • NamaTim.
    • Waktu Start.
    • Waktu Finish.
  • Kolom-kolom sejumlah titik Kontrol yang harus dikunjungi.
  • Setiap kolom Menggunakan No Urut Kontrol (1,2,3,4,5,…..), kode kontrol (31,32,33,34,… ) dan score. Kartu kontrol diserahkan kepada peserta 4 menit sebelum start dimulai.
  • contoh gambar di bawah

 

J. Manual Punch

  • Manual Punch digunakan untuk melubangi kartu kontrol pada kolom yang sudah tersedia sesuai dengan no urut kontrol yang dikunjungi.
  • Manual Punch tergantung pada setiap titik kontrol bersama bendera kontrol.
  • Untuk menandai kartu kontrol menggunakan manual punch dari segala arah dan tidak keluar garis kolom yang tersedia, pastikan kartu kotrol benar benar terlubangi oleh manual punch.
  • Manual punch yang dipasang mempunyai kode symbol yang berbeda beda yang telah di sesuaikan kode kunci panitia pelaksana.
  • Contoh gambar di bawah

 

K. Bendera Kontrol

  • Bendera kontrol berbentuk Segitiga sama sisi.
  • Warna bendera kontrol putih orange.
    Bendera kontrol berukuran 30x30cm.
  • Setiap bendera kontrol terdapat Kode Kontrol yang terpasang pada salah satu sisi bendera.
  • Kode kontrol dimulai dari angka (31,32,33,34,35,….)

 

L. Lintasan Lomba

  • Lintasan lomba terdiri dari Start, kontrol-kontrol, Finish,
    Contoh gambar di bawah
  • Start
    1. Titik start pada peta ditandai segitiga sama sisi berwarna ungu.
    2. Titik start pada medan sebenarnya ditandai dengan spanduk dan bendera kontrol bertuliskan start.
    3. Terdapat garis pada permukaan tanah untuk menandai dimulainya start. Contoh layout area start terlampir.
  • Kontrol –kontrol
    1. Setiap titik kontrol ditempatkan tepat pada medan sebenarnya sesuai dengan yang tercantum pada peta
    2. Setiap titik kontrol ditandai dengan bendera kontrol.
    3. Bendera kontrol dipasang tergantung dengan tinggi 60 cm sampai 100cm dari permukaan tanah.
    4. Setiap kontrol kontrol terdapat kode kontrol sesuai pada diskripsi kontrol dipeta.
    5. Setiap kontrol terdapat 1 manual punch.
    6. Setiap titik kontrol dijaga oleh panitia penyelengara (pointer) yang bertugas mengawasi, menjaga, dan check point kontrol kedatangan peserta
    7. Titik kontrol pada peta berbentuk lingkaran terdapat No.kontrol berwarna ungu pada lingkaran.
    8. Titik – titik kontrol dipasang secara acak sesuai yang tercantum pada peta. Contoh di bawah.
    9. Jumlah kontrol berbeda beda pada setiap nomor perlombaan.
  • Finish
    1. Finish Pada medan sebenarnya akan ditandai spanduk dan bendera kontrol bertuliskan finish.
    2. Finish pada peta digambarkan dengan segitiga.
    3. Terdapat garis finish pada permukaan tanah untuk menandai berakhirnya lintasan.

 

M. Prosedur Perlombaan

  • Keberangkatan
    1. Daftar ulang peserta dilakukan 30 Menit sebelum perlombaan dimulai dengan absensi sesuai dengan no dada yang telah diberikan dan akan dilakukan pemeriksaan terhadap peserta serta kalibrasi waktu.
    2. Peserta yang terlambat daftar ulang dinyatakan DNS (did not start) tidak dapat mengikuti perlombaan.
    3. Urutan keberangkatan peserta berupa kloter setiap kloter terdiri dari masing masing nomor perlombaan
    4. Urutan keberangkatan start setiap kloter ditentukan oleh panitia dan ditampilkan pada zona karantina.
    5. Teknis keberangkatan peserta diberangkatkan dibelakang garis start perkloter sesuai daftar urutan start pada setiap nomor perlombaan.
    6. Interval waktu start perkloter 2 menit.
    7. Setiap peserta akan dibariskan menurut kloter pada 6 menit sebelum start memasuki area start.
    8. 4 menit sebelum start peserta pada setiap kloter mendapatkan kartu kontrol.
    9. 2 menit sebelum start peserta diperbolehkan melihat peta tanpa titik kontrol untuk orientasi medan.
    10. Peta lomba terletak pada box sesuai nomor perlombaan pada garis start dan peta boleh diambil ketika panitia menyatakan aba aba 3,2,1 GO….!
    11. Waktu start dengan format jam : menit : detik (05:00:00).
  • Tugas Peserta
    1. Peserta harus mengujungi kontrol kontrol pada medan sebenarnya dari titik start ke kontrol – kontrol menuju finish  secara acak dengan waktu secepat mungkin.
    2. Peserta mengujungi kontrol kontrol secara acak pada medan sebenarnya sesuai pada peta dari lintasan masing masing nomor perlombaan.
    3. Peserta bebas memilih rutenya sendiri untuk mengujungi titik kontrol.
    4. Peserta harus menandai kartu kontrol dengan manual punch sesuai no kontrol/kode yang dikunjungi.
    5. Semua peserta wajib untuk mengisi nomor dada, waktu datang,nama dan tanda tangan di setiap titik kontrol
  • Finish
    1. Peserta dinyatakan finish setelah menyelesaikan perlombaan melalui garis finish.
    2. Peserta menyerahkan kartu kontrol dan peta, pada meja panitia start/finish.
    3. Waktu finish dalam format jam :menit:detik (07:30:05).
    4. Peta lomba akan diserahkan setelah perlombaan berakhir

 

N. Waktu Tempuh dan Batas Waktu Tempuh

  • Waktu tempuh adalah waktu peserta menyelesaikan perlombaan. Waktu Tempuh (WT)= Waktu Finish(WF) – Waktu Start (WS)
  • Batas waktu tempuh 135 menit (2jam 15 menit), dengan waktu Ideal 120 menit (2 jam) waktu pinalti 15 menit.
  • Peserta yang melewati batas waktu ideal masuk kedalam waktu pinalti Score dikurangi 100 setiap 1 menit.
    Contoh kasus :
    jika peserta memasuki garis finish 02:00:05 untuk detik akan di bulatkan menjadi 02:01:00 score di kurangi 100/menit
  • Jika peserta memasuki garis finish 01:59:58 score aman karena belum melewati waktu pinalti.
  • Peserta yang melebihi batas waktu tempuh (waktu pinalti) dinyatakan DNF (did not finish).

 

O. Did Not Start (DNS)

  • Peserta dinyatakan DNS apabila pada saat daftar ulang diabsensi tidak ada.
  • Peserta dinyatakan DNS apabila Persyaratan dan Perlengkapan peserta tidak sesuai dengan yang telah ditentukan panitia
  • Peserta yang dinyatakan DNS kehilangan hak untuk mengikuti perlombaan dan dilarang komplain.
  • Waktu komplain/protes 15 menit setelah hasil sementara diumumkan dengan tertulis diserahkan kepada dewan juri.
  • Hasil Akan dinyatakan sesungguhnya dan diumumkan Setelah 15 menit Setelah Hasil Sementara diumumkan.

 

P. Did Not Finish (DNF)

  • Peserta dinyatakan DNF apabila mundur sebelum menyelesaikan Perlombaan.
  • Waktu tempuh peserta melebihi batas waktu tempuh.

 

Q. Diskualifikasi (DQ)

  • Peserta melangar peraturan no 8 point terakhir.
  • Peserta memindahkan, mengambil dan menyembuyikan titik kontrol.
  • Peserta tidak memakai no dada.
  • Peserta keluar masuk zona karantina tanpa izin panitia penyelengara
  • Peserta yang menyelesaikan perlombaan tidak diperkenankan memasuki zona karantina start.
  • DQ akan diputuskan oleh penyelengara berdasarkan hasil laporan tertulis panitia/crew pelaksana perlombaan.

 

R. Score

Score yang digunakan menggunakan Angka Puluhan dan Ratusan Total Score 1500 masing masing nomor perombaan.

 

S. Pengunguman Hasil Pemenang dan Komplain

  • Hasil Sementara akan diumumkan 2 jam setelah perlombaan selesai dari masing masing no perlombaan.
  • Hasil akan ditempel pada papan pengumuman lomba.
  • Peserta akan diperingkatkan urut dari Score terbanyak dan waktu tempuh sesuai nomor perlombaan yang diikuti, apabila terdapat score yang sama akan diambil waktu yang tercepat jikalau waktu tempuh tetap sama akan dinyatakan peringkat yang setara.

 

T. Dewan Juri

  • Ditetapkan oleh penyelengara.
  • Dewan juri terdiri dari 2 orang yang memiliki hak suara.

 

U. Kesadaran dan Tanggung Jawab Peserta

  • Peserta tidak boleh mengkonsumsi narkotika dan miras saat perlombaan.
  • Peserta tidak diperbolehkan memberi informasi apapun atau saling membantu menyelesikan perlombaan. Kecuali kepada peserta yang mengalami kecelakaan/cidera wajib untuk menolong.
  • Peserta harus bersikap ramah tamah dan menjaga sopan santun baik dalam berbicara dan berperilaku pada saat perlombaan ataupun di area lomba.
  • Peserta dilarang membuang sampah sembarangan.
  • Peserta tidak boleh merusak segala fasilitas yang ada di area perlombaan.
  • Peserta tidak boleh membawa gps jam tangan yang dilengkapi altimeter dll sesuai peraturan no 8 point terakhir.
  • Peserta tidak boleh membawa peta lain selama perlombaan.
  • Peserta selama berlomba disarankan tidak membawa tas atau apapun yang mengangu kecepatan berlari kecuali perlengkapan perlombaan
  • Semua resiko yang mungkin akan terjadi menjadi tanggung jawab peserta meski panitia penyelengara menyediakan p3k.

 

V. Official

  • Official dilarang memasuki batas area karantina.
  • Official tidak boleh keluar masuk area lomba start /finish pada saat lomba berlangsung kecuali mendapat  persetujuan dari panitia.
  • Official tidak boleh memberikan informasi atau bantuan dilintasan lomba ketika keluar dari area perlombaan start/finish.

 

W. Contoh-Contoh Gambar