Tema Lomba
“Indonesia’s Economic Recovery”
Waktu Pelaksanaan (timeline)
- Pendaftaran : 21 Januari 2022 – 8 Februari 2022
- Pengumpulan proposal : 12 Februari 2022
- Pengumuman finalis 10 besar : 15 Februari 2022
- Penilaian : 15 Februari 2022
- Pengumuman pemenang : 15 Februari 2022
Persyaratan Peserta
- Peserta terdiri dari pelajar SMA/SMK/MA, Mahasiswa, dan Umum
- Lomba bersifat tim, terdiri dari 2-3 orang peserta.
- Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran online (Hanya perwakilan)
- Peserta wajib mengikuti akun instagram Commdise 2022.
- Peserta wajib mengikuti Talkshow dan Technical Meeting yang diadakan pada tanggal 9 Februari 2022.
- Peserta tidak dalam keadaan terpengaruh alkohol ataupun obat obatan terlarang.
- Peserta ReAction tidak boleh menjatuhkan brand/produk pesaing di dalam penulisan dan presentasi proposal
Persyaratan Proposal Rebranding UMKM
- Bersifat kelompok
- Ide proposal merupakan hasil gagasan sendiri atau pengimbangan ide yang murni dibuat oleh peserta
- Ide rebranding proposal belum pernah menang atau mendapat penghargaan dari lomba manapun
- Proposal rebranding UMKM dikirimkan ke E-mail Commdise
- Proposal kreatif harus sesuai dengan UMKM yang sudah ditentukan.
Mekanisme Lomba
- Pendaftaran.
- Peserta mendaftar melalui festival.dinus.ac.id
- Peserta membayar biaya registrasi, sebesar Rp. 20.012,00/ per karya.
- Sistematika Proposal Kreatif lomba ReAction
- Judul Rebranding tidak boleh menggunakan kata yang tidak baku dan singkatan yang tidak baku
- Proposal harus sesuai dengan UMKM yang dipilih, terdapat 2 pilihan UMKM yaitu Osushi dan Locaceli.
- Peserta menyusun dan mengunggah proposal dalam bentuk pdf yang berisi:
- Ketentuan Dasar (Tujuan, Nilai, Target Market)
- Analisa Pembeli (Identitas, Sumber Informasi, Tujuan dan Kebutuhan, Poin Permasalahan, Bagaimana kecocokan brand)
- Visi dan Misi Brand (Visi, Misi)
- Analisa Pesaing (Identitas Pesaing)
- Proposisi Nilai
- Posisi Brand
- Cerita Brand
- Pesan Brand
- Citra Brand
- Peserta diperbolehkan mendesain proposal sekreatif mungkin
- Tidak ada batasan halaman untuk proposal kreatif
- Pengumpulan Proposal
- Link proposal yang diikutsertakan dikirim melalui email yang sudah tertera
- Pengumpulan proposal harus dalam format PDF
- Peserta wajib mengirim proposal maksimal H-3 pelaksanaan lomba dan sebagai bentuk registrasi ulang peserta (12 Februari 2022)
- Penilaian Tahap 1
- Proposal yang dinilai merupakan hasil dari seluruh peserta yang mengikuti lomba dan akan dipilih 10 proposal terbaik.
- 10 finalis yang terpilih akan mendapatkan panduan lebih lanjut terkait mekanisme penilaian tahap ke-2
- Pengumuman Finalis 10 besar
10 finalis akan diumumkan pada hari H perlombaan ReAction pada tanggal 15 Februari 2022. - Penilaian Tahap 2
- Setiap peserta diharuskan sudah berada di room zoom dilaksanakannya lomba paling lambat 30 menit sebelum perlombaan berlangsung.
- Setiap peserta akan dipanggil berdasarkan nomer urut yang sudah ditentukan panitia.
- Peserta yang telah dipanggil namun belum ada, akan dialihkan ke urutan terakhir, pemanggilan peserta hanya dilakukan sebanyak 3 kali.
- Apabila sudah diundur tetapi peserta belum ada ditempat makan akan di diskualifikasi.
- Peserta mempersiapkan presentasi proposalnya masing-masing.
- Peserta mempersiapkan satu orang dari tim untuk mempresentasikan hasil proposal kreatif yang akan di lombakan.
- Juri akan memberikan penilaian mengenani materi dari masing-masing peserta.
- Materi dan penyampaian presentasi termasuk dalam penilaian juri.
- Pengumuman Pemenang
Pemenang akan diumumkan setelah perlombaan selesai (15 Februari 2022)
Kriteria Penilaian
- Kesesuaian tema atau ide proposal.
- Kreativitas dan originalitas proposal.
- Kesesuaian sistematika proposal.
- Penyampaian presentasi proposal.
Penghargaan
- Juara I : E-sertifikat + uang pembinaan.
- Juara II : E-sertifikat + uang pembinaan.
- Juara III : E-sertifikat + uang pembinaan.
Tanggal Pelaksanaan Lomba
Lomba dilaksanakan pada hari Selasa, 15 Februari 2022 dilaksanakan pada platform zoom.